YPSM dan USM Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) dan Universitas Serambi Mekkah (USM) menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang bertemakan “Penguatan Nilai Keimanan untuk Membentuk Pribadi yang Peduli dan Ringan Berbagi”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan Universitas Serambi Mekkah (10/10/23).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diisi oleh Ustadz Masrul Aidi, Lc, MA., selaku Pimpinan Dayah Babul Maghfirah Cot Keu’eung Kuta Baro Aceh Besar dan dihadiri oleh Ketua Umum YPSM, Rektor USM beserta jajaran, Para Dekan, Dosen, tenaga pendidik serta mahasiswa.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini digelar bersamaan dengan pembubaran panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Serambi Mekkah Tahun 2023. Diharapkan dengan peringatan lahirnya Nabi Muhammad, dapat lebih menumbuhkan rasa cinta terhadap Rasulullah yang dapat kita contoh sebagai suri tauladan yang paling baik.

Maulid Nabi ini seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad. Seperti yang disampaikan oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N., dalam sambutannya.

“Acara ini baiknya kita jadikan sebagai sebuah momentum untuk meningkatkan rasa cinta kita, rasa kagum kita kepada Nabi Muhammad SAW dan semua rasa cinta ini harus dilaksanakan setiap hari di mana Nabi Muhammad dijadikan tauladan dalam kehidupan sehari-hari dan mengamalkan sifat-sifatntya seperti sifat siddiq, amanah, tabligh, fatanah dalam kehidupan bermasyarakat,” tuturnya.

Ketua Umum YPSM, Ir. Teuku Iskandar Shah, menyampaikan dalam sambutannya bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus digunakan sebagai momen untuk merefleksikan diri kita dari kisah-kisah tauladan Rasulullah, baik dalam kehidupan keluarga maupun akademik.

Lebih lanjut Ir. Teuku Iskandar Shah pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada panitia PMB tahun 2023 yang telah bekerja maksimal sehingga pada tahun ini jumlah mahasiswa baru USM terus meningkat.

“Terimakasih kepada panitia PMB USM Tahun 2023 yang telah bekerja maksimal sehingga jumlah mahasiswa baru USM terus meningkat”, ujar Teuku Iskandar Shah.

Ketua PMB USM Dr. Jalaluddin, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan pada tahun ini jumlah mahasiswa baru USM mencapai 1.232 orang dan 1017 diantaranya merupakan penerima beasiswa KIP Kuliah. Selain itu Jalaluddin, memohon arahan dan bimbingan dari Rektor terkait dengan tupoksi kerja masing-masing bidang dalam menjalankan tugas ke depannya.

“Tentunya, kita momohon arahan dan bimbingan dari Rektor, terkait tupoksi kerja masing-masing bidang dalam menjalankan tugas ke depannya”, harap Jalaluddin.

Ustadz Masrul Aidi, LC, MA selaku penceramah menyampaikan bahwa jika kehidupan seseorang ingin bahagia maka harus meneladani sifat Rasul.

“Jika ingin bahagia dunia dan akhirat maka harus mencontoh akhlak Rasulullah, seperti rendah hati. Bagaimanapun keadaan kita, baik itu kekayaan yang melimpah, jabatan yang tinggi harus tetap rendah hati seperti yang selalu diajarkan dan dicontohkan oleh Nabi Muhmmad S.A.W,” tutur Dewan Pakar Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.