USM Gelar Strategi Meeting PK-KM 2023 dengan Mitra DUDI

Universitas Serambi Mekkah (USM) menggelar Strategic Meeting PK-KM 2023 yang bertema “Universitas Serambi Mekkah dan DUDI Bersinergi dalam Mewujudkan Lulusan Yang Berintegritas”, Senin (28/8/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Program Kompetensi Kampus Merdeka (PK-KM) Tahun 2023 untuk menyamakan persepsi terkait peran mitra DUDI dalam pelaksanaan kegiatan MBKM Universitas Serambi Mekkah.

Acara dihadiri oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N., Wakil Rektor I Muslem Daud, M.Ed, Ph.D, Wakil Rektor II Ir. Teuku Makmur, M. Si., Wakil Rektor III Dr. Hambali, M.Pd., Wakil Rektor IV Dr. Jalaluddin, M.Pd, Ketua TIM PK-KM USM Munawir, ST, MT, para Dekan di lingkungan USM serta hadir pula para pelaku dunia usaha.

Dr. Teuku Abdurahman menjelaskan bahwa kegiatan kemitraan ini digelar untuk keberlangsungan program kampus merdeka agar kedepan berjalan lebih baik. “Kegiatan ini difasilitasi oleh program kompetisi kampus merdeka. Salah satu program hibah yang diberikan oleh pemerintah untuk akselerasi program kampus merdeka,” jelasnya.

“Pelaksanaan MBKM ini merupakan transformasi pendidikan yang dilakukan oleh Kemdikbud dan membutuhkan mitra. Dalam pelaksanaannya, program MBKM ini harus bersinergi dengan mitra untuk mengurangi kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan DUDI. Oleh karena itu, kemitraan sangat penting untuk keberlangsung program ini,” lanjut Dr. Abdurahman. Ia berharap kerjasama yang telah dibangun dengan mitra bisa terus berlanjut dengan baik.

Sementara itu Wakil Rektor I USM Muslem Daud, M.Ed, Ph.D., menyampaikan Program magang DUDI ini merupakan program pilihan yang dapat diikuti oleh mahasiswa semester V-VII. Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan mendapatkan rekognisi kegiatan diluar kampus menjadi 20-40 sks dengan melaksanakan program MBKM selama 6-12 bulan (1-2 semester) di institusi mitra.

Selain mendapatkan rekognisi 20-40 sks mata kuliah pilihan, mahasiswa juga akan mendapatkan keuntungan seperti, keberlanjutan karir (peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang), keterlibatan langsung dan mendalam (pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas), gambaran nyata dunia kerja (pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri atau Usaha maupun pendidikan) serta membangun dan memperluas jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang.

“Melalui MBKM mahasiswa diharapkan memperoleh hard skills seperti pemahaman di bidang industri, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan analisis, melakukan perencanaan dan sebagainya. Selain itu juga diharapkan mahasiswa memperoleh soft skill dari kegiatan ini seperti komunikasi, kerjasama, etika dan sikap kerja, dan program ini diharapkan dapat berkelanjutan” tutur Muslem Daud.

Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. Jalaluddin, M.Pd mengucapkan selamat datang serta terima kasih atas kerjasama yang terjalin antara Universitas Serambi Mekkah dengan para Mitra DUDI ini dan beliau juga berharap agar para Mitra dapat memberikan bimbingan kepada para mahasiswa Universitas Serambi Mekkah yang akan mengikuti kegiatan, sehingga dapat terwujud tujuan yang diharapkan dari program MBKM ini.

Adapun mitra DUDI yang hadir adalah:

  1. PT. RAJA DUA BERSAUDARA

Merupakan UMKM  bergerak dibidang industri sabun dan bahan pembersih rumah tangga.

  1. CV. MEUTUAH RAYA

Merupakan UMKM yang bergerak dibidang pengolahan Frozen Food.

  1. FORUM KOMUNIKASI MASYARAKAT BERKEBUTUHAN KHUSUS ACEH YOUNG WOMEN UNIT (FKM BKA YWU)

Merupakan organisasi kelompok perempuan yang bergerak dalam bidang edukasi, sosialisasi dan merencanakan pengembangan kapabilitas perempuan dan perempuan disabilitas di Provinsi Aceh.

  1. NATURAL ACEH

Merupakan Lembaga Filantropi, Riset dan Pelatihan yang bergerak dalam bidang penelitian dan pelatihan, penerbitan buku ISBN, panduan dan booklet dan juga membantu  peneliti untuk penerbitan karya tulis ilmiah.

  1. PAUD/TK SALSABILA

Merupakan Lembaga pendidikan non-formal (PAUD) dan formal (TK) sebelum jenjang pendidikan dasar yang bergerak pada bidang pembinaan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

  1. PT. GETLATELA JAYATI GROUP

Merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pengolahan bakery yaitu donat dengan berbahan dasar labu dan ketela.

  1. PT. KING SOKA INDONESIA

Merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang makanan olahan hasil perikanan khususnya kepiting soka yang memiliki orientasi global untuk mengoptimalkan sumber daya pesisir di Indonesia.

  1. PT. Yagi Natural Indonesia

Merupakan UMKM Skincare Lokal Aceh yang bergerak dibidang industri kosmetik memproduksi produk skincare dan bodycare yang menggunakan bahan-bahan asli dan natural dari perkebunan Aceh.

  1. PT. NOZY SUKSES SEJAHTERA

Merupakan UMKM yang bergerak dibidang pengolahan minuman kemasan.

Para mitra DUDI mengharapkan keterlibatan pihak mitra dalam kegiatan MBKM ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi mitra untuk ikut berkontribusi dalam melahirkan generasi muda mandiri yang mampu berkarya dan berinovasi serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.