UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITI MALAYSIA SARAWAK DI BIDANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Dalam rangka mewujudkan internasionalisasi dan peningkatan mutu lembaga, Universitas Serambi Mekkah menjalin kerjasama dengan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS). Pertemuan kerjasama ini berlangsung secara luring di Ruang Rapat Biro Rektorat Lantai 3, Kampus Induk, Batoh, Senin (20/05/2024).

Pertemuan ini dihadiri oleh unsur pimpinan Universitas Serambi Mekkah, antara lain Rektor, para Wakil Rektor, Dekan/Wakil Dekan, Kaprodi, Kepala dan Sekretaris Kantor Urusan Internasional serta Kasubbag Kerjasama Universitas Serambi Mekkah. Sedangkan dari pihak Universiti Malaysia Sarawak yang berhadir antara lain Prof. Gs. Dr. Tarmiji Bin Masron (Pengarah Pusat Perancangan Strategik, Pengurusan Kualiti dan Risiko), Prof. Madya Ts. Dr. Hamimah binti Ujir (Pengarah Bahagian Jaminan Kualiti Akademik), Prof. Madya Dr. Amalia bt. Madihie (Dekan Fakulti Sains Kognitif dan Pembangunan Manusia), Dr. Dilah bin Tuah (Dekan, Fakulti Pendidikan, Bahasa dan Komunikasi), Dr. Nur Fatihah Abdullah Bandar (Pengurus ProCEL UNIMAS Business School), Dr Mohd Sabrun bin Ibrahim (Wakil Dekan Fakulti Ekonomi dan Perniagaan). Turut hadir pejabat dari Universiti Malaysia Terengganu, yaitu Dr. Muhammad Zikri dan Dr. Jumadil Saputra.

Pertemuan ini dibuka oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurahman. S.H., SpN., yang menyambut kerjasama ini dengan baik serta mengapresiasi Tim Kerjasama USM yang telah menginisiasi. “Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi kami bisa bekerjasama Universiti Malaysia Sarawak di bidang penyelenggaraan Pendidikan, khususnya pada Program Overseas Offshore. Semoga kerjasama ini menjadi menjadi batu loncatan untuk lebih mempererat hubungan dengan Malaysia dan meningkatkan mutu kedua lembaga”, ujar Rektor.

Sementara itu, Prof. Gs. Dr. Tarmiji Bin Masron selaku Pengarah Pusat Perancangan Strategik, Pengurusan Kualiti dan Risiko menjelaskan bahwa UNIMAS merupakan universiti di bawah Kerajaan Malaysia dengan Akreditasi Unggul. UNIMAS bahkan satu-satunya universiti dengan peringkat tertinggi di Sarawak. Program Overseas Offshore yang menjadi intisari kerjasama juga telah diimplementasikan di berbagai negara, dengan fokus di bidang penyelenggaraan pendidikan. Program ini memberikan kesempatan bagi para dosen untuk mendapatkan pendidikan doktoral dari universitas kelas dunia di luar negeri tanpa harus ke luar negeri.

Dr. Jalaluddin, M.Pd., selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, namun tetap memperhatikan keselarasan antara kebijakan pendidikan tinggi di kedua negara. “Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi dosen-dosen USM yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang doktoral, namun pada praktiknya, tetap perlu memperhatikan keselarasan antara kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia dan Malaysia, sehingga nantinya pendidikan doktoral yang ditempuh oleh dosen melalui program ini dapat memperoleh pengakuan dan penyetaraan dari Pemerintah Indonesia”, ujar Jalaluddin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait implementasi, penyerahan plakat bagi kedua lembaga sebagai simbol persahabatan, serta foto bersama.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.