Universitas Serambi Mekkah Gelar Seminar Nasional

Banda Aceh, 28 Oktober 2021

Semnas (Seminar Nasional) merupakan salah satu agenda rutin Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah (USM). Hal ini merupakan ajang pertukaran dan saling sharing informasi tentang perkembangan ilmu dan pengetahuan bagi para ilmuan dan praktisi.

Tema yang diusung kali ini adalah ‘Strategi dan Inovasi Untuk Keberlanjutan Kinerja di Masa Pandemi Covid-19’.

Guna membahas tema tersebut, pihak Panitia Kegiatan Semas dan LPPM USM mengundang narasumber dari dalam dan luar kampus USM di lintas nasional sebagai berikut:

  1. Dr. Sri Widodo, M. Kes (Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Respati Indonesia, Jakarta)
  2. Dr. Zainuddin, SE, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi, Universitas Serambi Mekkah)
  3. Muhammad Indra Kesuma, ST (Kepala KPKNL B. Aceh-DJKN Kementerian Keuangan RI)
  4. Joni, ST, MT, Ph.D (Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Aceh)
  5. Dr. (C.) Rini Sulastri, S.Pd, M.Pd (Kandidat Doktor Kependidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi, Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurrahman, Sh, SpN, mengatakan bahwa sebagai Pimpinan USM beserta Para Wakilnya sudah sepatutnya kegiatan-kegiatan keilmuan seperti ini terus mendapat dukungan penuh dari kami.

Apalagi lahirnya Universitas Serambi Mekkah diarsiteki dan didirikan oleh seorang Menteri Pendidikan Nasional dan juga seorang Pahlawan Nasional, yaitu Dr Mr Haji Teuku Moehammad Hasan.

Sebenarnya, jauh sebelum mendirikan USM, Dr Mr Haji Teuku Moehammad Hasan juga mendirikan Perguruan Taman Siswa di Kutaraja nama Aceh pada waktu itu, tepatnya pada tanggal 11 juli 1937.

Poin yang ingin kami kemukakan tegas Rektor USM tersebut adalah, cita-cita mencerdaskan bangsa berikut dinamisasi keilmuan dan perkembangan teknologi telah menjadi asas mendasar dalam spirit kami USM dan akan terus kami dukung, papar Teuku Abdurahman yang selanjutnya membuka acara secara resmi.

Ratusan Peserta Lintas Sektor dan Nasional Membludak

Ketua Panitia Semnas, T.M. Rafsanjani, SKM, M.Kes, MH, didampingi Sekretaris Panitia Almukarramah, S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa Semnas USM Multidisplin, dan diikuti oleh hampir 400 peserta dari berbagai institusi, lembaga, dan Perguruan Tinggi lintas nasional.

Secara detil, Sekretaris Panitia Almukarramah, S.Pd, M.Pd menjelaskan bahwa sebenarnya yang mendaftar mencapai 564 peserta, namun yang aktif dalam kegiatan sekitar 400 peserta.

Almukarramah melanjutkan bahwa para peserta berasal dari intenal dan external USM. Dari internal USM adalah dosen dan mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas dan Program Studi di Lingkungan USM.

Sementara dari luar USM untuk geografis Aceh sendiri antara lain dari Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Iskandar Muda, Universitas Abulyatama, Universitas Tgk Chik Pante Kulu, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala,  Akademi Farmasi YPPM Mandiri, Akademi Maritim Aceh Darussalam, Akafarma Banda Aceh. Akbid Darul Husada, STIES B. ACEH, Poltekes Aceh, Universitas Jabal Ghafur, IAIN Lhokseumawe, STIA Nasional Lhokseumawe, Universitas Negeri Malikussaleh Lhoksumawe,  Universitas Samudra Langsa, dan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Terdapat juga peserta dari DInas Perhubungan Kota Banda Aceh, Pemda Kota B. Aceh, Forum PRB Aceh, LLDikti Wilayah XIII Aceh, KPKNL Banda Aceh – DJKN Kementerian Keuangan RI, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Pidie, Aceh Institute Aceh, Pemda Aceh Jaya, Pemda Subulussalam, dan Pemda Simeulu.

Dari luar Aceh antara lain dari STIT Al Hikmah Tebing Tinggi, Universitas Medan Area, Universitas Negeri Medan, Pascasarjana Universitas Yarsi Jakarta, Stikes Persada Husada Indonesia. Jakarta, Universitas Djuanda Bogor, Universitas Esa Unggul Jakarta, Universitas Respati Indonesia Jakarta,  Universitas Nusa Mandiri Jakarta Timur, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,  Universitas Brawijaya Malang, Universitas Widyagama Mahakam Samarinda, Universitas Pattimura Ambon Maluku.  Terdapat juga peserta dari RSI Fatimah Cilacap Jawa Barat.

Sementara itu, ada peserta dari kalangan guru antara lain dari dari MIN 1 B. Aceh, MIN 7 B. Aceh, SD Negeri 1 Bireuen, SD Negeri 5, B. Aceh SD Negeri 28 B. Aceh, SMPN 4 Sakti Pidie, SMPN 6 B. Aceh,  MAN 1 Julok A. Timur, SMA Babul Fikri, SMA Negeri 2 Meukek A. Selatan, MAN 1 Cianjur Jawa Barat.

WR 1 USM Berikan Apresiasi

Seacara terpisah, disela-sela pantauannya ke LPPM USM hari ini (Kamis 28 Oktober 2021 red*) Wakil Rektor 1 Bidang Akademik yang merupakan Supervisor lagsung LPPM USM, Ir. Teuku Makmur, M.Si mengapresiasi kinerja LPPM dalam mempersiapkan Semnas ini, berikut juga Panitia Semnasnya.

Pimpinan USM tersebut juga megucapkan terima kasih atas kesediaan Narasumber dari berbagai institusi bersama-sama sharing ilmu dan pengetahuan di even berskala nasional ini.

Teuku Makmur juga mengucapkan terima kasih atas binaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII yang terus mensupervisi kami.

Berikutnya, terima kasih atas dukungan pihak Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah serta seluruh peneliti dan pengabdi LPPM USM Pemenang Hibah 2021, sehingga kegiatan ini diharapkan berjalan dengan baik.

Semoga para peserta mendapatkan pengetahuan baik secara tiori maupun secara praktis, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, pangkas Teuku Makmur. Semoga, Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.