Tingkatkan Kompetensi, Kepala Perpustakaan USM Ikuti Workshop Pemanfaatan MEDSOS

Kepala Perpustakaan Universitas Serambi Mekkah (USM), Mulia Wati, S.IP mengaku mendapat banyak ilmu dunia perpustakaan usai mengikuti Workshop Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pustakawan/Pengelola Perpustakaan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Ditemui di ruang perpustakaan, Senin (13/3/2023) Mulia mengatakan, dalam pelatihan materi yang didiskusikan yakni tentang Pemanfaatan Media Sosial serta Peningkatan Kompetensi Tenaga Perpustakaan. Materi tersebut disampaikan sebagai upaya peningkatkan manajemen pengelolaan perpustakaan menuju layanan prima di era digital.

Seperti dikatakan oleh Ahmad Muslim, S.Pd, M.Pd dari Perpusnas RI selaku narasumber, di era digitalisasi saat ini banyak tantangan bagi eksistensi perpustakaan maupun pustakawan itu sendiri. Dunia kepustakaan dituntut mampu berpacu dengan perkembangan zaman dimana informasi menjadi komoditi utama, dengan perangkat teknologi canggih sebagai “moda transportasi”nya.

Pustakawan di era digital dituntut untuk mengubah peran konvensional yang diembannya selama ini. Peran-peran baru di era digital membutuhkan kemampuan menggunakan fasilitas TIK dengan baik. Tantangan pustakawan era digital tidaklah ringan selain kemampuan hard skill dibutuhkan kemampuan soft skill dalam memberikan layanan di perpustakaan.

Mulia berharap pustakawannya memiliki komitmen untuk terus berkembang maju. Dan hal itu semua tergantung dari bagaimana pustakawan sebagai pengelola perpustakaan menyikapi semuanya sebagai satu tantangan bagi pengembangan perpustakaan dan profesi perpustakaan pada umumnya.

“Bahwa adanya ketersediaan TIK di perpustakaan memberikan kesempatan pengembangan perpustakaan lebih luas lagi, kami dapat melakukan berbagai inovasi – inovasi kegiatan literasi,” ungkapnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.