Tim Mahasiswa USM Raih Juara Internasional di Bidang Entrepreneurship dan Business Idea Generation

Kabar gembira datang dari tim mahasiswa Universitas Serambi Mekkah (USM), yaitu Nur Fadilah Helda (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Muhammad Alfarisi (Teknik Komputer). Tim gabungan lintas fakultas FKIP-FT ini berhasil menyabet Juara II dalam International Youth Competition 2023 yang diselenggarakan oleh Mandala Waluya University Indonesia, Lincoln University Malaysia, dan AKS University India. Tim mahasiswa ini dibimbing oleh Sabrina, S.Pd., M.AppLing., M.Tran (Kepala Kantor Urusan Internasional USM sekaligus Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris) dan Munawir ST., M.T (Kaprodi Teknik Komputer).

Ajang ini merupakan ajang kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan inovasi di bidang Entrepreneurship (Kewirausahaan) dan Business Idea Generation (Ide Bisnis). Tim mahasiswa USM ini menyajikan ide mereka yang berjudul Locallymade: An Online Market Platform Specifically Designed for Traditional Products and Services di mana fokusnya adalah menciptakan satu marketplace khusus untuk membantu dan memberdayakan kembali para pedagang tradisional yang jumlahnya mulai berkurang karena pengaruh modernisasi. Ide yang diajukan kemudian dinilai oleh juri dari 3 negara dan mendapatkan nilai yang cukup tinggi.

Tim mahasiswa USM tersebut kemudian mendapatkan kehormatan untuk menerima penghargaan dalam acara The 6th International Conference on Healthcare and Allied Sciences (ICHAS 2023) yang diserahkan oleh para pimpinan berbagai perguruan tinggi luar negeri di Hotel Summit USJ, Subang, Petaling Jaya, Malaysia pada 5 Oktober 2023.

Rektor USM, Dr. Teuku Abdurahman, S.H., SpN didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Muslem Daud, M.Ed dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Hambali, M.Pd., memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan rasa syukur atas prestasi yang diraih. “Selamat kepada mahasiswa kami beserta dosen pembimbing. Teruslah berkarya sampai ke  tingkat internasional. Semoga ini menjadi inspirasi bagi rekan-rekan mahasiswa lain. Terima kasih juga atas dukungan penuh YPSM,” ucapnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.