Selamat! Tim FTP-FKIP USM Lolos ke Babak Final Kompetisi ACIYLS!

Tim gabungan mahasiswa FTP dan FKIP USM berhasil lolos ke babak final ajang ACI Youth Leadership Summit 2023 yang diselenggarakan oleh OSG Singapore. Ajang ini mengusung tema Sustainability Startathon dimana mahasiswa diuji untuk menciptakan inovasi yang dapat mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dunia. 

Melihat peluang ini, tim yang terdiri dari Cut Divyta Harfenia (Pend. Bahasa Inggris), Zami Alfarisi Irsya (FTP), Budi Asan (FTP), Ermi Yanti (FTP), dan Cut Khairatul Mahzuri (FTP) berinisiatif  menciptakan inovasi yang dapat mengubah sampah tongkol jagung menjadi produk briket dan pupuk kompos. Selama proses penelitian dan kompetisi, tim ini didampingi oleh beberapa dosen pembimbing yaitu Chairuni AR , MM., Rita Sunartaty, M.T., Liya Fitriana, M.T., beserta Sabrina, M.AppLing., M.Tran yang merupakan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USM.

“Sampah tongkol jagung ini seringkali memenuhi daerah pariwisata, termasuk kawasan Ulee Lheue Aceh sehingga keindahannya terganggu dan daya tarik berkurang. Jadi kita berinisiatif mengubah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan ramah lingkungan,” ungkap Cut Divyta, ketua kelompok.

Inovasi ini menarik perhatian internasional sehingga mereka berhasil lolos ke tahap final. Dekan FTP, Fadlan Hidayat, S.TP., M.T. mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah. Ini sebuah kolaborasi FTP-FKIP dengan pencapaian luar biasa. Terima kasih kepada dosen pembimbing, FKIP, juga KUI yang telah memfasilitasi”, ujarnya.

Dekan FKIP, Dr. Jalaluddin, S.Pd., M.Pd juga mengungkapkan hal serupa. “Puji syukur kepada Allah. Mahasiswa kita tak henti-hentinya berkarya sampai ke tingkat internasional. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu’, ucap Jalaluddin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.