Prodi Tekom USM Sosialisasikan Aplikasi Absensi Digital di SMKN 1 Jantho

Program Studi Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM) terus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai digitalisasi di sekolah melalui program aplikasi absensi GMaps bagi guru serta aplikasi QR code bagi para siswa. Kegiatan ini memanfaatkan momen upacara bendera pada hari Senin (12/2/24).

Pada upacara bendera ini, Ketua Program Studi Teknik Komputer Munawir ST., MT., bertindak sebagai Pembina Upacara. Beliau mengawali pemaparan dengan memperkenalkan Universitas Serambi Mekkah sebagai salah satu universitas tertua di Aceh dengan 6 fakultas dan 24 program studi termasuk Pascasarjana. Kemudian, beliau memperkenalkan aplikasi GMap di mana guru dapat melakukan absensi secara praktis melalui smartphone. Sedang aplikasi QR code diperuntukkan bagi para siswa di mana mereka cukup memindai kode di smartphone gurunya agar kehadirannya tercatat. Absensi digital ini dinilai sangat penting karena menyesuaikan dengan kebutuhan di era digital dan tidak berbasis paperless yang cenderung kurang ramah lingkungan.

“Universitas Serambi Mekkah sudah lama menerapkan sistem absensi digital, maka ini tentu perlu kita bagikan ke sekolah-sekolah agar dapat merasakan manfaatnya”, pungkas Munawir.

Kepala SMKN 1 Jantho Hasnawati, S.Pt., MP., sangat mengapresiasi Program Studi Teknik Komputer USM yang telah membagikan pengetahuan dan pengaplikasian absensi digital di SMKN 1 Jantho. “Semoga Program Studi Teknik Komputer USM dapat terus kontribusi dalam bidang digitalisasi, khususnya disekolah-sekolah” ungkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.