Prodi Pendidikan Biologi USM Tingkatkan Capaian Pembelajaran Melalui Program Praktisi Mengajar Angkatan 4 Tahun 2024

Program Studi Pendidikan Biologi ikut serta menyelenggarakan program praktisi mengajar Angkatan 4 Tahun 2024 yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan tujuan agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk dalam dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen mata kuliah agar terciptanya pertukaran ilmu dan keahlian mendalam antar civitas akademika di Perguruan Tinggi dan tenaga professional di dunia kerja. Program ini berlangsung dari tanggal 5 April – 22 Juli 2024. Dalam program ini Prodi Pendidikan Biologi berkolaborasi dalam Mata Kuliah Teknik Laboratorium yang diampu oleh Ernilasari, M.Si Bersama Rayhannisa, M.Si dari Laboratorium MIPA Biologi Universitas Syiah Kuala.

Kompetensi yang diharapkan dalam program ini adalah mahasiswa mampu menggunakan dan mengetahui fungsi berbagai alat di laboratorium, baik alat laboratorium biologi, biologi fungsi hingga laboratorium ekologi, sehingga menutup kesenjangan lulusan baru dengan dunia kerja. Program ini diupayakan untuk membangun mitra perguruan tinggi dan daya saing perguruan tinggi.

Berkat kolaborasi praktisi mengajar ini mahasiswa melakukan kunjungan pameran Herbarium Acehense Universitas Syiah Kuala yang diselenggarakan oleh Yayasan Kami KITA yang didampingi oleh ibu Rayhannisa, M.Si dengan kegiatan ini menambah wawansan mahasiswa mengenai mata kuliah entomologi melalui pengamatan insectarium.

Ernilasari, S.Pd. I., M.Si., menyampaikan “Terimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atas kesempatan yang telah diberikan, semoga kedepan kami akan tetap terus berkontribusi dalam program terbaik ini. Ucapan terimakasih juga kami ucapkan kepada para Pimpinan Universitas Serambi Mekkah dan Koordinator PT Program Praktisi Mengajar Susanti, SP, M. Si atas dukungan yang telah diberikan selama ini kepada Program Studi Pendidikan Biologi”, tuturnya dalam siaran pers kepada Humas USM, Sabtu (8/6/24)

Terpisah, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Nurul Akmal, S.Pd, M.Pd., berharap kegiatan praktisi mengajar untuk Angkatan 5 lebih banyak dosen yang ikut serta dalam program ini, sehingga bisa meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Harapannya kedepan praktisi mengajar untuk Angkatan 5 lebih banyak dosen yang ikut serta dalam program ini, sehingga bisa meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi”, harapnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.