Perkuat Karakter di Era Digital, FKIP USM Gelar Semnas Kepramukaan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Serambi Mekkah (USM) melangsungkan kegiatan seminar nasional kepramukaan, pada Senin, 4/12/23 dengan tema “Penguatan Karakter di Era Digital melalui Pendidikan Kepramukaan”.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Dekan FKIP Dr. Jalaluddin, M.Pd turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Azwir, S.Pd, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Zakaria, S.Pd, M.Si, Ketua SJMF FKIP, Ka. Prodi PGSD, Ka. Prodi PJKR dan para dosen FKIP.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Azwir, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Seminar Nasional kepramukaan menjadi salah satu wadah meningkatkan kemampuan mahasiswa, untuk sukses dalam pendidikan melalui penguatan karakter. Terlebih Pramuka sebagai organisasi yang mewadahi para generasi muda dalam membentuk kader bangsa yang berkarakter dan mempunyai jiwa kepemimpinan melalui prinsip dasar kepramukaan.

“Membentuk karakter dapat dilakukan melalui Kepramukaan. Karena di Kepramukaan membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan menjadi yang utama. Sehingga diharapkan karakter tersebut dapat memberikan dukungan dalam aktifitas pendidikan,” ungkapnya.

Dekan FKIP Dr. Jalaluddin, M.Pd, dalam sambutan dan pembukaan seminar, menyampaikan, agenda seminar ini tidak hanya berakhir dengan ditutupnya rangkaian kegiatan. Namun lebih dari itu juga harus menghasilkan sebuah output yang tujuannya, dapat mewujudkan peserta didik yang lebih berkarakter.

Apalagi jika berbicara penanaman karakter bagi setiap individu, sudah seharusnya dapat ditanamkan sejak dini. “Melalui Kepramukaan pembentukan karakter setiap individu mahasiswa dapat diperkuat, melalui pengalaman Dwi satya, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” tandasnya.

Dr. Hj. Bainah Sari Dewi, S.Hut, MP, IPM (dosen Universitas Lampung/Pelatih Pusdiklatnas) dan Ir. M. Dwi Wicaksono, M.Agr (BPSDM/Wakabid Humas Kwarda Lampung) selaku narasumber dalam kegiatan seminar memberikan paparan materi yang sangat mendetail sehingga memberikan bekal bagi mahasiswa untuk terus mengasah dan mengimplementasikan nilai-nilai positif seperti yang tertanam dalam kegiatan pramuka. Peserta seminar terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan ini, berbagai pertanyaan diajukan untuk menjawab rasa penasaran mereka tentang peran kepramukaan dalam pembentukan karakter.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.