Pelajari Energi Solar Cell, Dosen USM Kunjungi Jentayu Solar Farm Malaysia.

Semakin menipisnya persediaan energi yang berasal dari fosil semacam minyak, batu bara, dan gas alam menjadikan pencarian energi alternatif menjadi penting. Salah satu solusinya adalah pembuatan solar cell yang menggunakan matahari sebagai sumber tenaga.

Munawir, ST, MT., Dosen Universitas Serambi Mekkah (USM) yang sedang menempuh Pendidikan Doktoral di Program Studi Doktor Ilmu Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan kunjungan ke Jentayu Solar Farm, Aman Central dan Tasik Darulaman, Kedah, Malaysia untuk mempelajari teknologi solar cell bersama mahasiswa dari University Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perlis Malaysia.

“Kunjungan ini untuk mempelajari tentang solar cell dan ini sejalan dengan disertasi saya mengenai integrasi potensi sumber energi terbarukan”, ujar munawir pada Humas USM, Selasa (14/5/24).

“Mayoritas masyarakat masih beranggapan persediaan energi yang berasal dari fosil masih melimpah. Pada kenyataannya, energi fosil sudah semakin menipis”, tuturnya.

Solar cell adalah salah satu sumber energi yang cocok dengan negara tropis seperti Indonesia, yang menerima sinar matahari sepanjang tahun. Selain itu energi itu termasuk dalam salah satu sumber energi yang ramah lingkungan karena tak ada polusi yang dihasilkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.