Peduli Pencegahan Corona, Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Buat Hand Sanitizer

Share to your social networks

Banda Aceh, 23 Maret 2020

Seiring berkembangnya kasus penyakit Corona di Indonesia, membuat masyarakat merasa gelisah, terutama dalam antisipasi pencegahan penyakit dari cina tersebut, menanggapi kondisi tersebut, mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia Chartika Putri Andreas dkk membuat Hand Sanitizer secara mandiri untuk digunakan terutama pada kalangan internal Universitas, dikarenakan kelangkaan bahan dasar pembuatan bahan cuci tangan tersebut.

Dalam pembuatan Hand Sanitizer tersebut, Chartika membutuhkan Alkohol, Peroksida, Aloe Vera, Esensial Oil dan Aquades yang diramu di laboratorium MIPA USM.

Chartika menyampaikan, mudah mudahan ini dapat menjadi  produk yang bermanfaat, yang dapat mencegah penularan Corona, selain berbagai upaya lain yang harus kita lakukan, seperti berdoa, menjaga kesehatan dan rajin berolahraga.

“Produk ini nantinya diprioritaskan untuk kalangan internal Universitas Serambi Mekkah, yang difokuskan pada ruang Rektorat, Biro Administrasi Umum, Biro Akademik dan Pengajaran, serta beberapa titik lain, sesuai dengan ketersediaan Hand Sanitizer”.

Pembuatan produk yang sekarang menjadi langka ini adalah Dr. Irhamni, ST.,MT yang merupakan Ketua Prodi Teknik Kimia  yang sebelumnya juga sudah membuat Hand Sanitizer untuk kalangan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah.

Kegiatan pembuatan dan penyediaan bahan untuk produk ini juga turut di bantu oleh T. M. Rafsanjani, M.Kes, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Zaiyana Putri M.Pd selaku Ketua Program Studi Bahasa Inggris dan Sri Ismulyati, M.Pd selaku Wakil Dekan I FKIP yang juga Dosen Pendidikan Kimia Universitas Serambi Mekkah.

Hasil dari pembuatan Hand Sanitizer mendapat apresiasi yang luar biasa dari berbagai pihak di lingkungan Universitas Serambi Mekkah, karena ini sangat bermanfaat untuk salah satu pencegahan virus corona yang lagi mewabah saat ini, Semoga segenap civitas akademika USM dan masyarakat aceh pada umumnya terhondar dari wabah corona.

Terus berdoa, jaga kesehatan dan jangan lupa cuci tangan.
Dokumen: Irhamni

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.