Mahasiswa USM Penerima Bantuan KIP-K di Beri Pelatihan Public Speaking

Universitas Serambi Mekkah (USM) Aceh memberikan pelatihan public speaking bagi sebanyak 2481 mahasiswa penerima bantuan kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah aktif untuk meningkatkan kemampuan public speaking for career success.

“Kegiatan yang digelar saat ini merupakan program Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, yang diikuti oleh 2481 mahasiswa USM penerima bantuan KIP kuliah aktif,” ucap Koordinator Beasiswa USM Dr. Jalaluddin, M.Pd., di Banda Aceh, Kamis (28/12/23).

Kegiatan itu menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Dr. Ilham Maulana, ST., MT., (Dosen Universitas Syiah Kuala) dengan materi pengembangan kompetensi diri melalui program MBKM dan Dr. Hambali, M.Pd., (Wakil Rektor III Universitas Serambi Mekkah) dengan materi peningkatan motivasi prestasi mahasiswa.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai pembinaan bakat dan minat untuk pengembangan diri mahasiswa, baik secara internal (di dalam kampus) maupun di lingkungan masyarakat,” kata Jalal menjelaskan.

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan untuk nantinya seseorang dapat memiliki nilai keterampilan public speaking melalui pembelajaran, pendidikan, tetapi juga proses praktek dalam kehidupan.

Ia berharap, materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat dimengerti dan diterapkan bukan hanya di lingkungan kampus dan masyarakat, tetapi juga di dunia kerja.

Sementara itu, Rektor Universitas Universitas Serambi Mekkah Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting dengan tujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa yang berkualitas.

“Ada empat aspek penting dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pemimpin handal, yaitu pertama memiliki motivasi yang kuat, kedua memiliki kemampuan dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan pelatihan tetapi juga melalui informasi dari berbagai media sosial,” katanya, selanjutnya memiliki jiwa kompetisi, dan yang terakhir memiliki strategi yang bisa dipakai dan dipelajari dengan baik.

Abdurahman berharap agar para mahasiswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh para narasumber dengan baik, sehingga dapat diimplementasikan dalam dunia kerja tetapi juga diharapkan kedepannya menjadi wirausaha muda yang handal.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.