LPPM USM Akan Gelar SEMNAS “Tantangan PT Menuju DUDI Melalui Merdeka Belajar”

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah (USM) Kembali menggelar seminar nasional yang akan berlangsung pada 20 s/d 21 September 2023 mendatang, hadir sebagai pemateri dari berbagai universitas ternama di Indonesia termasuk pejabat penting dari Kemdikbudristek Republik Indonesia.

Tema yang diusung cukup penting menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) pembelajaran pendidikan tinggi saat ini sesuai dengan semangat kampus merdeka dan merdeka belajar yaitu keterkaitan sasaran capaian pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri (DUDI).

Ketua LPPM USM Dr. Drs. Abubakar, M.Si., mengatakan seminar nasional ini akan memberikan kontribusi bagi pendidikan tinggi di Indonesia sehingga outputnya dapat bersinergi dengan dunia usaha dan industri, karena pendidikan wajib memiliki link and match dengan dudi sehingga tidak hanya melahirkan berbagai tenaga terampil tetapi juga melahirkan berbagai pelaku dunia usaha dan industri di Indonesia.

Selain itu Abubakar menyampaikan, sesuai dengan agenda kerja LPPM tahun 2023 ini, LPPM akan menyelenggarakan beberapa even besar, seperti tiga seminar nasional dan satu even seminar internasional.

Seminar yang diselenggarakan kali ini lebih bersifat multi disiplin ilmu, “Seminar ini lebih menekankan pada bidang ilmu dan akan berkoloborasi dengan masing-masing fakultas sehingga tema yang dipilih akan sesuai dengan karakteristik pembelajaran di fakultas tersebut dengan catatan tetap dalam 8 indikator kinerja utama Perguruan Tinggi sesuai dengan ketentuan dan harapan Kemdikbudristek”, ungkap Dr. Abubakar.

“Seminar nasional ini bekerja sama dengan berbagai jurnal terakreditasi sehingga pemakalah bebas memilih publikasinya, apakah jurnal terakreditasi, ber-issn atau proseding saja”, lanjutnya.

“Oleh sebab itu kami mengundang para akademisi, guru, peneliti dan para pakar Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar sesuai jadwal dan ketentuan dengan informasi flyer yang sudah dipublikasikan. Semoga seminar ini melahirkan roadmap pendidikan tinggi yang memadai dalam proses dan output pendidikan yang berbasis dudi dan merdeka belajar”, tutup Ketua LPPM USM ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.