Laksanakan PKM, Universitas Serambi Mekkah Jalin Kemitraan dengan MAN 3, Aceh Besar

Aceh Besar, 21 September 2021.

Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), civitas akademika Universitas Serambi Mekkah (USM) geliatkan program penghijauan.

Kali ini, program dimaksud dijalankan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar berjarak lebih kurang 20 KM dari kampus USM, diikuti oleh puluhan dosen USM, berlangsung Senin, 20 September 2021.

Koordinator Pelaksana kegiatan PKM, Azwir, S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa selain kegiatan penghijauan,  kegiatan ini di isi dengan acara silaturrahmi antara civitas akademika USM dan komunitas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Aceh Besar dan penyerahan bantuan sejumlah mushaf Al Quran.

Selain itu, Azwir yang juga Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, menambahkan bahwa setelah acara ramah tamah tersebut dilanjutkan dengan kegiatan penghijauan lingkungan madrasah bersama-sama Kepala Madrasah, para guru dan siswa-siswi MAN berakreditasi A tersebut.

Penanaman tetumbuhan produktif antara lain pohon alpokat aligator, tanaman sirsak unggul. Selain itu turut ditanam pohon pucuk merah dan jenis pohon hijau lainnya.

Ikutserta dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor 3 USM, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USM, para Dosen Senior, dosen FKIP lainnya dari berbagai program studi, serta organisasi Kemahasiswaan FKIP dan USM.

Jalin Kemitraan di Era Merdeka Belajar

Dekan FKIP USM,  Dr. (Cand.) Jalaluddin, S.Pd, M.Pd, didampingi Penasehat kegiatan, Dr. Drs. H. Ibrahim Sufi, MA  dan Koordinator Kegiatan Azwir, S.Pd, M.Pd, juga Kepala MAN 3 Drs. H. Burhanuddin dan Wakil Bidang Kurikulumnya, mengatakan bahwa hadirnya para dosen Senior dalam PKM kali ini memberikan nilai tambah di mana terjadinya jalinan kerjasama antara FKIP USM dengan MAN 3 Aceh Besar.

Salah seorang dosen peserta PKM yang tidak mau namanya disebut mengungkapkan bahwa kegiatan serupa kiranya digalakkan apalagi memberi manfaat bukan hanya bagi objek PKM, tetapi juga bagi USM sendiri ke depan khususnya di era merdeka belajar.

Bukankah kampus tidak hanya berdiri sendiri tetapi juga membutuhkan mitra? ungkapnya sambil menikmati suasana muramien (makan bersama) di akhir acara PKM yang masih berlokasi di kawasan Indrapuri, Aceh Besar.

Kiranya, kemitraan antara USM dan FKIP khususnya dengan MAN 3 Aceh Besar dapat di isi dengan berbagai kegiatan konstruktif ke depan. Semoga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.