Ketua Umum YPSM Beri Sambutan Pada FDB BRIN RI

Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PRMB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali menggelar kegiatan Forum Diskusi Budaya (FDB) pada Senin, (22/4/24) secara daring. Kegiatan kali ini mengangkat tema “Kiprah Teuku Moehammad Hasan Dalam Arus Perjuangan Bangsa” dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Dwi Purwoko, M. Si (Peneliti PRMB-BRIN) dan pembahas Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si (Peneliti Sejarah-UNJ).

Ir. Teuku Iskandar Shah yang merupakan cucu Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan sekaligus Ketua Umum Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM), dalam sambutannya mengatakan bahwa Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan adalah salah satu pendiri Bangsa Indonesia yang bercita-cita besar, yaitu mencerdaskan anak bangsa. Berangkat dari tujuan mulia tersebut, beliau menjalin relasi dengan Ki Hajar Dewantara dan mendirikan Perguruan Taman Siswa di Kutaraja, mempelopori adanya bantuan biaya pendidikan (beasiswa), dan mendirikan Universitas Serambi Mekkah sebagai legacy bagi dunia pendidikan agar merdeka dari belenggu penjajahan, kemiskinan, dan kebodohan. Cita-cita beliau sejalan dengan cita-cita nasional. Kontribusi beliau bagi Indonesia telah banyak menjadi kajian-kajian penting berbagai lembaga serta dituangkan dalam buku. Oleh karena itu, keteladanan beliau ini wajib disyiarkan. Di Universitas Serambi Mekkah sendiri, perjuangan Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan sendiri sudah dijadikan MKDU wajib agar mahasiswa dapat mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai teladannya.

Kegiatan FDB ini diikuti oleh ratusan peserta dan akhiri dengan sesi diskusi tanya jawab. Tampak antusiasme para peserta forum diskusi yang berasal dari berbagai kalangan melemparkan berbagai pertanyaan seputar kiprah Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.