Ketua LPPM USM Jadi Pemateri Pada Seminar Nasional “Gerakan Nasional Literasi Digital 2021”

Banda Aceh, 25 Agustus 2021.

Dalam rangka menyukseskan gerakan nasional literasi digital 2021, maka Kementerian  Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia yang difasilitasi oleh Dinas Informasi Kabupaten Aceh Timur dan diarsiteki oleh Siber Kreasi, mengadakan Seminar Nasional pada hari Rabu tanggal 25 Agustus 2021.

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan diberikan sambutan oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengambil Tema ‘Bijak Bermedia Digital’.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Serambi Mekkah, Dr. Muslem Daud, M.Ed, menjadi salah sorang dari empat narasumber yang mengisi acara tersebut.

Muslem membawa sesi berjudul : Etika Menghargai Karya atau Konten Orang Lain di Media Sosial.

Mengawali pemaparannya,  Muslem mengatakan bahwa paling kurang terdapat tiga hal yang melatar belakangi mengapa harus bijak dalam penggunaan media digital, yaitu 1) Terdapat Pengguna Media Digital tidak mengindahkan norma-norma 2). Terdapat berita-berita belum terkomfirmasi kebenarannya 3). Dapat munculnya kegelisahan sosial dalam arti yang lebih luas.

Selanjutnya, lulusan master Australia tersebut melanjutkan bahwa ditinjau dari berbagai perspektif, mendorong pelaku media digital untuk berprilaku dan beretika yang baik dalam menggunakan media elektronik tersebut. Perspektif dimaksud antara lain: Karena Pendidikan, Agama, Hukum, Sosial & Budaya.

Kegiatan gerakan nasional literasi digital ini merupakan program Keminfo RI dan diharapkan akan berlangsung di 34 Propinsi seluruh Indonesia secara bertahap dengan target Indonesia Makin Cakap Digital.

Kiranya, tahapan-tahapan gerakan ini dapat dilalui dengan baik dan mencapai sasaran diinginkan.

artikel ini telah dipublikasi pada website lppm.serambimekkah.ac.id dengan link: http://lppm.serambimekkah.ac.id/ketua-lppm-usm-pemateri-gerakan-nasional-literasi-digital-2021/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.