FKIP USM LAKSANAKAN PPL-KKN dan TANDATANGANI MoA DENGAN SIKL MALAYSIA

Dekan FKIP Universitas Serambi Mekkah (USM) Dr. Jalaluddin, M.Pd, didampingi Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USM, Sabrina, M.AppLing., M.Tran menandatangi MoA dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di Kuala Lumpur, Jum’at, 19/5/2023

Kerjasama ini dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, diikuti dengan pelaksanaan PPL (Program Pengalaman Lapangan) dan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Mahasiswa yang mengikuti KKN dan PPL ini berasal dari berbagai Program Studi di Lingkungan FKIP USM.

PPL internasional merupakan salah satu program unggulan FKIP Universitas Serambi Mekkah. Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Universitas Serambi Mekkah ini sangat penting karena mahasiswa diwajibkan untuk praktek mengajar langsung di sekolah agar bisa mendapatkan pengalaman mengajar sebelum menjalankan profesinya.

Mahasiswa PPL tidak hanya mendapatkan pengalaman mengajar sesuai dengan bidang keahlian mereka, melainkan juga belajar mengenai pengelolaan sekolah di negara yang dituju secara komprehensif. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk tinggal bersama orang tua asuh atau asrama sekolah bersama para guru dan mahasiswa setempat.

“Selama program berlangsung, mahasiswa akan memiliki tambahan ilmu pengetahuan tentang bahasa dan budaya negara yang dituju serta belajar cara menjembatani perbedaan budaya tersebut,” ujar Dr. Jalaluddin.

Mahasiswa FKIP USM yang dikirim untuk mengikuti PPL-KKN Internasional ini berjumlah 7 orang, yang berasal dari Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Indonesia.

Kepala sekolah SIKL, Friny Napasti, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, SIKL sangat senang dengan adanya kerjasama ini karena bisa membantu proses pembelajaran akademik dan non-akademik dalam memberikan berbagai kontribusi serta menerapkan ilmu-ilmu yang dipelajari mahasiswa di bangku kuliah.

“Semoga kerjasama ini bisa berkelanjutan. Kami juga berharap kepada mahasiswa PPL-KKN internasional dari USM bisa benar-benar memberikan contoh teladan sesuai karakter dan budaya bangsa Indonesia,” ujar Kepala Sekolah SIKL.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.