FKIP USM Kembali Selenggarakan International Conference on Education 2024

International Conference on Education (ICE) adalah seminar internasional diselenggarakan secara berkala oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (USM) sejak tahun 2022. Pada tahun 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kembali mengadakan ICE ketiga yang mengusung tema “Digitalization of Education: Envisioning its Impact on the Dynamics of Cultural Order (An International Hybrid Conference: Onsite & Virtual Presentation)”.

Acara akan diadakan selama 2 hari pada tanggal 7 – 8 Maret 2024 mendatang. Dilansir dari website resmi ICE (https://Ice.fkip.serambimekkah.ac.id), ICE berperan sebagai wadah sharing ilmu bagi para peneliti, praktisi, guru, dan mahasiswa untuk mengidentifikasi berbagai dampak digitalisasi pendidikan terhadap tatanan budaya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USM, Dr. Jalaluddin, M.Pd., mengatakan, para narasumber berasal dari perguruan tinggi yang memiliki reputasi tingkat dunia. “Konferensi internasional ini akan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” kata Dekan saat diwawancarai Humas USM di ruang kerjanya, Rabu (31/1).

Menurut Dekan, selain berkontribusi dalam pengembangan keilmuan di bidang pendidikan, konferensi ini juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus meningkatkan kerjasama Universitas Serambi Mekkah dengan perguruan tinggi luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi USM menjadi perguruan tinggi rujukan internasional.

“Ini sesuai dengan program internasionalisasi yang digaungkan Bapak Rektor. Konferensi ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kerjasama internasional  dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri,” tegasnya.

Ketua pelaksana, Marissa Yoestara, S.Pd, M.A (TESL), menyampaikan 3rd ICE tersebut menghadirkan narasumber dari 5 negara, yaitu Prof. Dr. H. Didi Suryadi M.Ed (Universitas Pendidikan Indonesia), Associate Prof. Dr. Viyanti, M.Pd (Universitas Lampung Indonesia, Associate Prof. Dr. J. Karthikeyen, Ph.D (National College Tiruchirappali-Tamilnadu India), Dr. Sophia Manning (Kean University, USA and Bergen Community College USA), Associate Prof. Dr. Mahendran Maniam (Sultan Idris Education University Malaysia) dan Associate Professor Mitchell O’Toole (University of Newcastle Australia).

“Mudah-mudahan, konferensi ini akan menjadi forum internasional untuk berbagi pengetahuan, penelitian keahlian, membentuk prospek jaringan kolaborasi dan jaringan di berbagai bidang teknologi dan pendidikan,” harap Marisa yang merupakan alumni Flinder University, Australia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.