FKIP USM Gelar Workshop Kajian Capaian Pembelajaran dan Perangkat Implementasi Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (USM) mengadakan workshop Kajian Capaian Pembelajaran dan Perangkat Implementasi Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Aula Ayahanda T.H.M. Sulaiman Shah Universitas Serambi Mekkah, Selasa, 15/3/22.

Kegiatan yang diikuti seluruh Dosen FKIP USM di buka oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) USM Dr. Nasir Ibrahim, M.Si.

Dalam sambutannya Dr. Nasir mengatakan, kurikulum tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak dirancang dengan baik. Selain itu beliau berharap, agar FKIP USM dapat melahirkan salah satu Prodinya menjadi Prodi yang Unggul serta mengapresiasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah mengadakan workshop Kajian Capaian Pembelajaran dan Perangkat Implementasi Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sementara itu Dekan FKIP USM Dr. Jalaluddin mengungkapkan, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 mengamanatkan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. “Maka, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh program studi di lingkungan FKIP USM agar dapat melakukan penyesuaian kurikulum dan meningkatkan mutu proses pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti dan mendukung program MBKM”, ungkap Dekan.

Workshop ini merupakan bagian dari implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka diisi oleh tiga narasumber yaitu Dr. Dian Aswita, S.Pd, M.Pd., Musdar S.Pd, M.Pd, dan Yenni Agustina S.Pd, M.Pd.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Dosen FKIP USM tentang Kurikulum, RPS dan penyusunan test pada kurikulum MBKM, Sehingga luaran yang dihasilkan berupa capaian pembelajaran, peta kurikulum, RPS per mata kuliah dan media serta soal test sumatif maupun formatif. Selanjutnya untuk perbaikan MBKM secara internal akan dibuat jejaring mata kuliah dan evaluasi pelaksanaan MBKM terutama pada pembelajaran-pembelajaran yang dilaksanakan di luar kampus. (*)

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.