Fakultas Agama Islam USM Jalin Kerja Sama Denga IAIN Langsa

Banda Aceh, 10 November 2021

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah (FAI USM) Banda Aceh melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) kemitraan dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatangan dilakukan di ruang Rapat Rektor kampus USM kawasan Batoh, Lueng Bata Kota Banda Aceh.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor II USM Ilyas M Harun, Wakil Dekan FAI Zulfadli, MA, Kepala Pengajaran, SJMF serta semua ketua Prodi di lingkungan Fakultas Agama Islam USM.

Dekan FAI USM Rahmadon Tosari Fauzi MEd PhD, Rabu (10/11), menyampaikan rasa syukur atas kerja sama FAI USM dan FTIK IAIN Langsa. Ia percaya kerja sama ini akan mampu meningkatkan kinerja dan daya saing untuk maju berkembang antara kedua Perguruan Tinggi tersebut.

Rahmadon juga menyinggung terkait Kampus Merdeka, dimana seluruhnya serba terbuka dan salah satu basis dari kampus merdeka adalah dibangunnya kerja sama antara institusi perguruan tinggi.

Butir-butir MoU secara umum dapat diimplementasikan, diikat dalam bentuk praktis kerjasama kegiatan oleh Fakultas atau ditingkat Program Studi.

Sementara Dekan FTIK IAIN Langsa Dr Zainal Abidin MA mengatakan, kerja sama antar IAIN Cot Kala Langsa dan FAI USM menjadi kebutuhan mendasar bagi kemajuan yang sekaligus ukuran mutu suatu Peguruan Tinggi.

Kerja sama haruslah mencakup tridharma perguruan tinggi, banyak program kerja yang bisa kita lakukan bersama yang bermuara pada penguatan kapasitas antara kedua Perguruan Tinggi tersebut,” terang Zainal.

Lebih lanjut kata Zainal, dalam rangka implementasi kampus merdeka atau merdeka belajar, kerja sama ini sangatlah strategis dalam upaya bersama implementasi program tersebut. Selain itu dapat juga dikembangkan pada kerja sama penelitian, publikasi ilmiah dan dalam kemajuan sumberdaya masyarakat.

Wakil Rektor II USM Ilyas M Harun mengungkapkan, kedua perguruan tinggi ini akan mampu membangun kolaborasi di berbagai aspek yang tentunya sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Kerja sama ini tentunya bertujuan meningkatkan kompetensi diberbagai bidang agar lebih siap dan relevan sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman yang semakin maju.

“Kami atas nama pimpinan di USM menyambut baik dan sangat mendukung kerja sama ini, mudah-mudahan setelah ini akan terus belanjut dalam aksi-aksi nyata sebagaimana kesepakatan yang tertuang dalam butir MoU,” tutup Ilyas.

Artikel ini telah diterbitkan pada website: infoaceh.net dengan link: https://infoaceh.net/pendidikan/fai-universitas-serambi-mekkah-teken-mou-dengan-iain-langsa/ pada tanggal 10 November 2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.