DRTPM Ditjen Diktiristek dan USM Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen Pemula

Universitas Serambi Mekkah (USM) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen Pemula dengan menghadirkan 3 narasumber, yaitu Prof. Diah Permata Wijayanti (Universitas Diponegoro), Prof. Hotniar Siringoringo (Universitas Gunadarma), dan Prof. Nasrul (Universitas Syiah Kuala). Acara ini turut dihadiri oleh 23 Perguruan Tinggi di Aceh pada Senin (6/11/2023) di Hotel Al Hanifi, Banda Aceh.

“Kegiatan workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk kerjasama Universitas Serambi Mekkah dengan Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek,” jelas Wakil Rektor Bidang Kerjasama USM, Dr. Jalaluddin, M.Pd., didampingi Ketua LPPM USM, Dr. Abubakar, M.Si.

Kegiatan yang dibuka oleh Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE ini turut dihadiri Rektor USM, Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N, Ketua Tim Kerja Penelitian DRTPM Erlin Puspaputri, M.Sc., Wakil Rektor I USM Muslem Daud, M.Ed, Ph.D, Wakil Rektor IV USM Dr. Jalaluddin, M.Pd dan Ketua LPPM USM Dr. Abubakar, M.Si.

Rektor USM, Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, khususnya di bidang penelitian. Dosen diharapkan tidak hanya fokus dibidang pendidikan tetapi juga dibidang penelitian, sebagaimana diketahui sebuah inovasi itu lahir dari penelitian.

“Terimakasih kepada Komisi X DPR RI yang telah mempercayakan USM sebagai tuan rumah serta terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen Pemula di Aceh”, ungkapnya.

Ketua Tim Kerja Penelitian DRTPM, Erlin Puspaputri, M.Sc., menambahkan pada tahun 2022 jumlah proposal penelitian yang masuk lebih dari 36.000, dan 28.000 ribu diantaranya adalah proposal dosen pemula. Di Aceh sendiri, hanya 91 proposal penelitian dosen pemula yang didanai.

“Karena itu, kami Tim Kerja Penelitian DRTPM menyelenggarakan workshop ini guna meningkatkan kualitas penelitian dosen pemula dalam mengajukan proposal penelitian yang baik dan penelitian tersebut seharusnya tidak hanya berakhir di jurnal tetapi juga bisa bermanfaat bagi masyarakat ”, ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE., dalam pembukaan dan sambutannya menyampaikan bahwa, “Semoga seluruh peserta kegiatan ini dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Banyak yang dapat diangkat menjadi topik penelitian, seperti rempah yang menjadi komoditas andalan Aceh sejak dulu. Perguruan Tinggi dalam hal ini juga harus mendorong dosennya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, dan melalui acara ini, diharapkan dapat memberi pencerahan terhadap strategi pemecahan masalah penelitian serta lebih termotivasi untuk mengimplementasi hasilnya di masyarakat.” tutupnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.