Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan MK Kekhususan USM

Sejarah Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan menjadi Mata Kuliah (MK) kekhususan USM yang akan dipelajari oleh seluruh mahasiswa Universitas Serambi Mekkah (USM) mulai Semester Ganjil 2023/2024. Keputusan ini disampaikan oleh Rektor USM, Dr. Teuku Abdurahman, SH, SpN, Senin 28/08/2023. 

Sebagaimana diketahui bahwa Dr. Mr. Teuku Moehammad Hasan atau terkadang dikenal dengan Mr. Teuku Moehammad Hasan, atau juga ditulis Teuku Muhammad Hasan lahir di Sigli, 4 April 1906 dan  meninggal pada tanggal 21 September 1997 adalah Gubernur Provinsi Sumatra pertama setelah Indonesia merdeka. Beliau adalah ketiurunan Bangsawan Aceh yang menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 1948 hingga tahun 1949 dalam Kabinet Darurat. Selain itu ia adalah seorang pejuang kemerdekaan dan Pahlawan Nasional Indonesia serta Pendiri USM (Universitas Serambi Mekkah).

Banyak kirpah dan kontribusi Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam berbagai sektor, pendidikan, keagamaan, sosial, ekonomi, pertahanan dan budaya.

Karena itu, Rektor USM menekankan pentingnya memahani sosok Dr. Mr. Teuku Moehammad Hasan dan pengajarannya di berbagai sektor dimaksud sehingga menjadi pembelajaran bagi semua khususnya mahasiswa-mahasiswi USM.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Muslem Daud, M.Ed mengatakan bahwa sesuai dengan hasil rapat beserta Jajaran Fakultas khususnya, MK Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan disepakati menjadi MK Kekhususan USM yang bersifat wajib dan akan dipelajari di Semester Ganjil 2023/2024 ini.

Terkait referensi dapat digunakan berbagai sumber bacaan antara lain Buku Dr. Mr. TEUKU H. MOEHAMMAD HASAN; Salah Seorang Pendiri Republik Indonesia dan Pemimpin Bangsa, Tulisan Dwi Purwoko, Editor T.H.M Sulaiman Shah.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.