Dihadiri Pakar 5 Negara, FKIP Universitas Serambi Mekkah Sukses Gelar ICE ke-3 Tahun 2024

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Serambi Mekkah (USM) kembali menyelenggarakan International Conference on Education yang ke-3 pada tanggal 7-8 Maret 2024 secara hybrid di Arabia Hotel, Banda Aceh, Indonesia. Konferensi ini mengusung tema “Digitalization of Education: Envisioning its Impact on the Dynamics of Cultural Order”. Peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, mulai dari  dosen, mahasiswa, guru sekolah dan khalayak publik.

Dekan FKIP USM, Dr. Jalaluddin, M.Pd yang diwakili Wakil Dekan I Bidang Akademik, Azwir, S.Pd, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, dunia pendidikan saat ini sudah memasuki era digitalisasi. Hal ini mungkin berdampak pada dinamika tatanan budaya di dunia, termasuk bagaimana cara pendidikan dipersiapkan, disampaikan dan dinilai.

“Melalui ICE 2024 yang menjadi platform penelitian dan berbagi pengetahuan inovatif seperti ini, kami berharap dapat menemukan solusi efektif untuk menyukseskan pendidikan di era digital ini”, ungkap Azwir.

Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurahman, SH., SpN., membuka acara ini secara resmi. “Alhamdulillah, aktivitas ini merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan oleh FKIP USM yang bertujuan untuk menyediakan platfrom intelektual untuk para peneliti, mahasiswa dan umum dalam mendapatkan informasi termutakhir dan sharing ide pada isu-isu penting dalam dunia pendidikan”, ucapnya.

Pada sesi utama, sejumlah pakar dari lima negara mengisi ajang internasional bergengsi ini, yaitu Prof. Dr. H. Didi Suryadi M.Ed (Universitas Pendidikan Indonesia), Associate Prof. Dr. Viyanti, M.Pd (Universitas Lampung Indonesia), Associate Prof. Dr. J. Karthikeyen, Ph.D (National College Tiruchirappali-Tamilnadu India), Dr. Sophia Manning (Kean University, USA and Bergen Community College USA), Associate Prof. Dr. Mahendran Maniam (Sultan Idris Education University Malaysia) dan Associate Professor Mitchell O’Toole (University of Newcastle Australia). Kelima keynote speaker ini mempresentasikan gagasan dan hasil riset mereka dengan subtema yang bervariasi terkait perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan, antara lain Artificial Intelengence (AI) dan juga Didactical Design Research (DDR).

Acara ini berlangsung secara interaktif dan antusias, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dari peserta serta keingintahuan keynote speaker terhadap praktik terbaik di negara peserta. Sesi utama kemudian diikuti sesi paralel di mana semua penyaji mempresentasikan makalahnya.

Sesuai rencana, artikel yang masuk dalam konferensi ini tidak hanya dipresentasikan, tetapi juga akan dipublikasikan di prosiding ber-ISBN, sedangkan paper terpilih akan direkomendasikan ke jurnal Sinta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.