Cerita Rahma, Mahasiswa FKIP USM Ikut Program Kampus Mengajar Angkatan 6

Kampus Mengajar merupakan kegiatan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa dan mahasiswi untuk memberikan sumbangsih dalam bidang pendidikan. Mahasiswa diberi kesempatan mengajar di jenjang pendidikan mulai PAUD hingga SMP. Kampus Mengajar juga telah menetapkan bahwa mahasiswa program studi PGPAUD dan PGSD dapat mengabdi dan mengajar maksimal pada jenjang Sekolah Dasar. Sedangkan mahasiswa dengan program studi Non PGPAUD dan PGSD dapat mengabdi pada jenjang Sekolah Dasar (SD) ataupun pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu mahasiswa USM yang berkesempatan mengikuti Kampus Mengajar ini adalah Rahmatina. Mahasiswi program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (USM) tersebut mengabdi di SMP Negeri 1 Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

Menurut Rahma, kegiatan belajar mengajar siswa ini memiliki banyak sekali kisah yang menarik. Mengajar dengan penuh rasa kesabaran ternyata membuahkan hasil. “Semangat dan antusias siswa dalam belajar menjadikan saya lebih bersemangat dalam mengajar. Bahkan, terkadang siswa meminta waktu lebih untuk belajar” ujarnya.

Gadis asal Aceh Besar ini menerapkan strategi belajar sambil bermain, yang membuat siswa tidak mudah bosan dan jenuh ketika mengikuti pembelajaran. Selain itu juga membuat quiz interaktif dan belajar menggunakan media ajar yang diajarkan kepada siswa. Hal ini membuat siswa semakin ingat mengenai materi yang dipelajari.

“Kami disini tinggal dirumah warga bersama teman-teman seangkatan dari berbagai Perguruan Tinggi di Aceh diantaranya UNIMAL, UNIKI, Politeknik Aceh Selatan, dan STKIP Al Washliyah, kebetulan tempat penugasan kami berada di daerah pengunungan, jika kami membutuhkan sesuatu harus turun ke kota yang lumayan jauh, sedangkan untuk kebutuhan jaringan telekomunikasi bisa dikatakan cukup baik, ini dikarenakan wilayah yang kami tempati hanya memiliki satu jangkauan operator sinyal saja”, ujar Rahma.

“Kampus Mengajar Angkatan 6 ini benar-benar memberikan pengalaman yang luar biasa pada dalam diri saya yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Begitu banyak kisah, cerita, dan kenangan suka duka yang tidak terlupakan selama saya mengabdi di SMP Negeri 1 Kluet Tengah ini. Panggilan sapaan ‘Ibu Rahma’ dari siswa selalu saya ingat”, tutup Rahma.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.