Akan buka S2, Delegasi Universitas Serambi Mekkah Audiensi dengan LLDikti XIII Aceh

Share to your social networks

Banda Aceh, 18 September 2020

Universitas Serambi Mekkah (USM) kian memacu diri untuk terus berkontribusi untuk dunia pendidikan di Aceh. Salah satu terobosan adalah dengan membuka Program Pascasarjana di Universitas. Guna mewujudkan obsesi tersebut, dilakukan audiensi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh bertempat di Kantor Lembaga Kemenristekdikti tersebut di seputaran Jeulingke, Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat 18/09/2020.

Delegasi USM diterima oleh Drs. M. Najib, M. Pd (Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya), M Fuad, S.Ag (Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi) dan M. Nur, S.Pd, M. Pd (Kepala Subbagian Kelembagaan). Sementara tim USM dipimpin oleh Dr. Israwati, M.Pd (Ketua Tim Perumus Pendirian Pascasarjana USM), Muslem Daud, S.Ag, M.Ed, Ph.D (Sekretaris) dan Dr. Muhammad Usman, M.Pd (Anggota).

Dr. Israwati mengungkapkan bahwa berdasarkan SWOT Analisis yang dilakukan, pembukaan  pascasarjana USM sudah menjadi kebutuhan untuk menampung keinginan para lulusan Sarjana (S1) ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, terdapat sebagian besar guru dan tenaga kependidikan yang membutuhkan keberlanjutan pengembangan pengetahuan sehingga membutuhkan tempat menimba ilmu yang linier. Karena itu, kami ditugaskan untuk merumuskan pendirian pascasarjana USM. Untuk tahap pertama, kami membuka di bidang pendidikan dasar.

Sementara itu, Drs. M. Najib, M. Pd yang membidangi Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya, dan M Fuad, S.Ag di Bagian Kelembagaan dan Sistem Informasi menyambut baik keinginan USM membuka pascasarjana ini. M. Najib mengingatkan supaya tenaga dosen untuk pascasarjana ini benar-benar berkualitas sehingga pascasarjana USM dapat berkembang dengan baik. M Fuad, S.Ag juga setuju kalau sarana dan prasarana dimilki USM sudah cukup memadai.

Nur, S.Pd, M. Pd yang membidangi Subbagian Kelembagaan menyarankan supaya USM juga membenahi semua prodi-prodi yang sudah ada dengan baik sehingga pendirian pascasarjana tidak terkendala. Prodi di PTS itu harus sehat semuanya karena itu salah satu pertimbangan bagi kami untuk mendukung prodi baru termasuk pascasarjana, imbuh M. Nur di sela-sela diskusi yang berjalan dengan cukup baik.

Sekretaris Perumusan Pendirian Paskasarja USM, Muslem Daud, S.Ag, M.Ed, Ph.D,  menyampaikan bahwa tim akan menindaklanjuti semua persyaratan dan membangun komunikasi lebih dekat sehingga proses pendirian ini dapat terakselerasikan.

Audiensi dengan LLDikti  yang berlangsung hingga jelang siang merupakan tindaklanjut dari arahan Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. Teuku Abdurrahman, SH, SpN, MH, dalam beberapa waktu sebelumnya supaya adanya percepatan pendirian pascasarjana di USM. Semoga jenjang pendidikan Strata 2 (S2) USM ini dapat segera terwujud dalam waktu mendatang.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.