Workshop Pengembangan Pusat Karir di USM

Share to your social networks

Profesor Dr. H. Jamaluddin Idris, M.Ed (Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh ) dalam sambutan mengatakan workshop pengembagan pusat studi karir yang dilakukan oleh Dir. Kemahasiswaan TIM PKTS (Pusat Karir dan Tracer study) ini hal yang sangat perlu agar lulusan bisa mengikuti persaingan dalam memperoleh pekerjaan bagi lulusan. Indikator keberhasilan sistem pendidikan harus adanya sistem yang digunakan mengukur kualitas output seperti kompetensi, kepuasan user kesesuaian kemampuan dengan bidang yang di pelajari.

Beliau juga menyebutkan Tracer Study agar bisa terekam melalui tuntutan dunia kerja seperti Kualitas Pendidikan, Relevansi antara kopetensi dengan kebutuhan pasar. Untuk mengetahui outcome ada tiga hal antara laen: outcome pendidikan dihasilkan perguruan tinggi, Kontribusi pendidikan tinggi terhadap keperluan yang ada didunia kerja dan memonitor lulusan dalam beradaptasi dalam dunia kerja. Harapan beliau pendidikan tinggi harus memiliki pusat ini agar memiliki pelayanan informasi ketenagakerjaan, pelayanan pelatihan dan pengembangan karir, pelayanan rekrutmen, pelayanan bimbingan dan konsultasi karir, pelayanan pengembangan dan kerja sama dan pelayanan Tracer Study.

Wakil Rektor III USM (Jalaludin, S. Pd, M. Pd dalam sambutanya menyambut baik kegiatan yang di lakukan oleh Kemeristek Dikti Melalui Dir. Kemahasiswaan di Universitas Serambi Mekkah ini merupakan langkah yang harus di lakukan oleh semua instansi perguruan tinggi agar bisa terdata dengan rapi lulusan setiap institusi PT. Dengan adanya pusat ini dalam setiap perguruan tinggi nanti bisa di lakukan kegiatan rutinitas tahunan seperti Job Fair PT.

Pada kegitan ini di ikut seratakan 20 perguruan tinggi swasta di bawah Kopertis wilayah XIII dengan jumlah peserta 40 orang dalam kegitan ini juga turut hadir Ibu Nurlaila (Kasubdit Pusat karir dan Tracer Study Dikti.), dan juga beberapa narasumber dari TIM PKTS DIKTI. Ibu Yeti Sitepu (UPI) dan Bapak Rudi (Universitas Gunadarma).

workshop-pk

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code