USM adakan Workshop Open Educational Resources

Share to your social networks

Universitas Serambi Mekkah, Selasa (08/05), menggelar Workhsop Open Educational Resources bertema “Pemanfaatan Open Educational Resources (OER) Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital.” Workhshop ini diselenggarakan oleh UPT. Perpustakaan Universitas Serambi Mekkah, bekerjasama dengan UPT. Perpustakaan UNSYIAH, workshop ini 50 peserta yang berasal dari Dosen yang mewakili dari prodi di lingkungan Universitas Serambi Mekkah, acara ini berlangsung di Aula DR. MR. Moehammad Hasan, Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Acara tersebut dibuka Wakil Rektor I, Ir. Teuku Makmur, M.Si.
Teuku Makmur dalam sambutannya mengungkapkan ”Dengan adanya workshop yang kita gagas pada hari ini, harapan utamanya yang paling memdasar meningkatkan kualitas pembelajaran mengajar, dimana dulu kuliah sangat identik dengan tetap muka, di zaman teknologi saat ini tanpa tatap muka, perkuliahan dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan mahasiswa dapat memanfaatkan informasi yang tersedia di online. Beliau juga mengharapkan ini bukan sebuah akhir, tapi menjadi langkah ke depan untuk menjadikan pengembangan perpustakaan universitas serambi mekkah. Hal ini juga senada diungkapkan oleh Sri Wahyuni, M.IP yang bertindak sebagai Ketua Panitia dalam workshop tersebut, menuturkan ”Workshop ini penting diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam mengajar di era digital saat ini, dosen tidak hanya dituntut dapat memberikan materi dalam bentuk tercetak, tapi di era teknologi saat ini dosen juga harus bisa mentransformasi materi ajarnya melalui media pembelajaran berbasis open access.
Dr. Taufiq Abdul Gani, S.Kom. M.Eng.,Sc. mengatakan “mengharapkan dosen di USM mewujudkan system pembelajaran yang sistematis dengan munggakan media pembelajaran yang praktis Open Educational Resources (OER). OER merupakan media pembelajaran berbasis terbuka berlisensi Creative Common. Manfaat OER bagi mahasiswa, mendapatkan bahan ajar tanpa batas, tanpa harus datang ke kelas, bagi dosen manfaatnya dapat diadaptasikan dalam bahasa lokal dan dapat digunakan kembali. Beliau juga mengharapkan bagi perpustakaan USM juga harus berkolaborasi dengan dosen untuk mengembangkan OER ini.
Adapun tujuan diselenggarakan workshop OER secara umum ini diharapkan agar para dosen dapat mentransfer pengetahuan kepada mahasiswanya tanpa batas, kontentnya tidak berfokus hanya pada buku teks saja, namun ada koleksi lain seperti gambar atau dalam bentuk video., harapan lain diselenggarakannya kegiatan ini yaitu UPT. Perpustakaan USM ke depannya dapat mengembangkan media pembelajaran OER.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code