Sosialisasi Instrument Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti

Share to your social networks

Pada tanggal 23 Agustus 2016 hari Selasa, Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan bekerjasama dengan Kopertis Wilayah XIII Aceh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Instrument Riset dan Pengembangan di Aula Universitas Serambi Mekkah (USM).

Dalam Sambutan Wakil Rektor USM Jalaluddin, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa sangat berterima kasih kepada dari Kemenristekdikti dan Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh karena sudah memilih USM dalam pelaksanaan kegiatan Kemenristekdikti yang kali kedua di bulan Agustus ini. Jalaluddin menyebutkan acara yang kedua ini adalah Instrument riset dan pengembangan gunanya untuk meningkatkan kesiapterapan teknologi kita untuk menghadapi persaingan global yang semakin maju disetiap masanya, tutupnya.

Prof. Dr. Jamaluddin, M. Ed selaku Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh bahwasanya yang berhadir di kegiatan ini yaitu Dr. Eng Hotmatua Daulay, M. Eng., B. Eng ( Direktur Pengembangan Teknologi Industri ), Muhammad Absori ( Staf Khusus Menristekdikti ), Huda M. Elmatsani ( Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi ) sekaligus menjadi Narasumber diacara nanti, Jamaluddin melanjutkan sebenarnya di Indonesia memiliki rencana riset induk nasional yang dimulai dari 2015 s/d 2045 dan ini menjadi bagian prestasi bagi Indonesia, selama ini memang kita sadari betul bahwa adanya disconnectsi antara riset dan industri dan kadang hasil riset itu sendiri tidak teraplikasi di lapangan, makanya harapan pemerintah agar perguruan tinggi swasta maupun yang negeri itu menjadi center excellent di dalam dunia riset. Contohnya seperti Korea yang mempunyai Politeknik yang menyuplai khusus untuk suku cadang mobil yang merk Hyundai dan mereka secara otomatis terlebih dahulu melakukan riset baru menghasilkan industri yang sangat dibutuhkan oleh Pabrik Hyundai tersebut. Jamaluddin menyebutkan di Indonesia pasti lebih baik dari pada itu cuma di Indonesia sedikit lebih lemah dalam kesiapan teknologi, dengan adanya sosilalisasi instrument riset dan pengambangan ini nantinya akan memudahkan kita dalam memahami kesiapan teknologi ke depan, sekaligus membuka acara ini.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code