Rektor USM Apresiasi Pekan Ramadhan dan Serahkan Piala

Share to your social networks

Rektor I Bidang Akademik Universitas Serambi Mekkah (USM), Bapak Ir. T. Makmur, M.Si menyampaikan apresisasi yang tinggi tehadap Pekan Ramadhan Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang telah dilaksanakan sejak 5 Juni 2017 lalu. Kerjasama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Prodi dibutuhkan supaya semua program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar. Pada hari ini saya sangat senang melihat kolaborasi Prodi dengan HMJ yang sangat bagus sehingga momentum Ramadhan tergunakan dengan baik, ujarnya sambil diikuti tepuk tangan hadirin di Mushalla Universitas Serambi Mekkah USM) hari ini (10/06/2017) kawasan Batoh, Lueng Bata, Banda Aceh. Makmur melanjutkan bahwa kegiatan extrakurikuler memang bukan saja kegiatan sampingan tetapi merupakan bahagian kegiatan penting yang akan menjadi keterangan tambahan ketika ijazah dikeluarkan. Makmur memberi contoh si A punya kelebihan di bidang baca Qur’an, si B punya kelebihan di bidang Bahasa Inggris misalnya. Namun, kemampuan lebih tersebut tidak mungkin didapat secara serta merta tetapi semua itu perlu penggemblengan dan ketekunan mahasiswa itu sendiri. Adanya pembagian hadiah kepada para juara merupakan kiat-kiat penggemblengan yang memberikan motivasi kepada mahasiswa. Karenanya kegiatan-kegiatan seperti ini perlu dilanjutkan, tegas T. Makmur dalam sambutan sekaligus menutup Pekan Ramadhan tersebut secara resmi.

Ketua HMJ, Iswandi, dalam laprannya menyampaikan bahwa, bahwa kegiatan Pekan Ramadhan diisi dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan baca dan kajian Al-Quran secara bersama-sama, baca Al Quran tilawah dan murattal, belajar menjadi pembawa acara dan belajar membaca doa pada acara acara resmi. Dua hari terakhir dilaksanakan perlombaan yang mengahasilkan para juara. Sementara Ketua Badan Executive Mahasiswa (BEM) FKIP USM, Deli Muranda, dalam sambutannya mengatakan kegiatan Pekan Ramadhan telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i memperdalam ilmu agama di bulan suci ini. Di samping itu, adanya berbagai perlombaan yang dilaksanakan telah melahirkan bibit-bibit baru yang sebelumnya belum teridentifikasi. Kiranya ke depan akan ada kegiatan-kegiatan serupa sehingga potensi-potensi mahasiswa/i dapat terus dikembangkan.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Muslem Daud, M.Ed, PhD, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah direncanakan anak-anak untuk menyambut dan mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan. Karennya kita menyambut baik dan mendukung penuh karena ini juga merupakan program Prodi yang ingin memperbaiki kwalitas dan karakter mahasiswa yang baik. Adanya lomba, lanjut Muslem, telah memberikan kesempatan kepada kita untuk tahu bahwa siapa saja yang punya kemampuan lebih di bidang tertentu dan dari sana kita akan terus gembleng dan ini baru permulaan. Ke depan kita akan memperluas kegiatan kemahasiswaan di bidang lainya seperti bidang Information dan Teknologi (ICT), papar lulusan doktor di Taiwan tersebut.

Abdul Hamid, S.Ag, M.A, Koordinator Kegiatan yang tampil membacakan para juara merobah susana menjadi hening dan ‘degdekan’. Dengan gayanya yang khas, Hamid membacakan keputusan dewan juri lomba, dan para juara adalah sebagai berikut: Juara Tilawah Al Qur’an secara berurut: 1). Yulinda Fitri 2). Hasbuan 3). Rahmiati. Juara lomba Pembawa Acara/ MC berurut: 1). Ade Indriani Ayu Putri 2). Nova Nanda Sari 3). Maulidiya Agustina. Sementara itu, Hamid yang juga dosen Agama Prodi melanjutkan, para juara harapan Tilawah Al Qur’an secara berurut: 1). Zulfahmi 2). Ariyuddin 3). Lesi Fitria. Sedangkan juara harapan Pembawa Acara/ MC berurut: 1). Novi Astuti 2). Nurliza 3). Fitra Sarina. Hamid juga membacakan penghargaan Trofi Pembina Kegiatan Pekan Ramadhan sebagai berikut: Mulyadi untuk Tilawah putra, Elfi Rayani untuk Tilawah putri dan Rismaliza untuk Pembawa Acara/ MC.

Dari pantauan media, terlihat Rektor I Bidang Akademik dipersilakan untuk menyerahkan piala untuk para juara Tilawah Al Qur’an. Dilanjutkan Dekan I Bidang Akademik, Drs. M. Ridhwan, M.Pd, dipersilakan menyerahkan piala kepada para juara Pembawa Acara/MC. Sementara, Bakri, SE, MM, dipersilakan menyerahkan Trofi untuk Pembina Kegiatan Ramadhan. Sedangkan, Ketua BEM FKIP dan Dosen Senior FKIP, Drs. Anwar Ali, M.Pd serta Ketua Prodi sendiri dipersilahkan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada para juara harapan dari berbagai lomba. Sebelum berakhir acara, para juara sempat berfoto bersama dan kegiatan Pekan Ramadhan Ramadhan ditutup dengan pembacaan doa. Ramadhan Mubarak!

Berikut adalah bebrapa foto penutupan dan penyerahan hadiah kepada para peserta

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code