Rapat Kerja PTKIS Se Aceh

Share to your social networks

Dekan FAI USM Dr. Andri Nirwana.AN, S.TH, M.Ag menghadiri Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Lingkungan KOPERTAIS Wilayah V Aceh Tahun 2019 “Peningkatan Mutu PTKIS Melalui Akreditasi”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 08 dan 09 Maret 2019 di Hotel Grand Arabia Hotel Banda Aceh. Seluruh Pimpinan PTKIS Aceh Sebanyak 35 Kampus menghadirinya. Dalam kegiatan ini dihadiri dan diisi oleh Pemateri dari KEMENAG RI, Bapak Amiruddin Kuba (Kasi Bina Kelembagaan PTKIS, Direktur Bahasa PMU 5000 Doktor, Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit. PTKI Ditjen Pendidikan KEMENAG RI).
Bapak Koordinator Kopertais Aceh sekaligus Rektor Universitas Ar Raniry Bapak Prof Dr. Warul Walidin MA menyampaikan bahwa Perguruan tinggi Harus menyesuaikan diri dengan zaman era digital. Sehingga generasi Milenial dapat mendapatkan berbagai informasi terkait promosi kampus tersebut. Akreditasi Yang belum B menjadi penghalang mahasiswa baru untuk mendaftarkan diri mereka. Hendaknya ada Program pengembangan Karir Alumni di Kampus untuk mengevaluasi lulusan dengan dunia kerja nya. Buat kegiatan seminar dengan mengundang stake holder sebagai pemateri, sebagai ajang membangun silaturrahmi dengan stake holder dan ajang penyerahan Proposal, misalnya mengundang Subdit Sarpras sebagai pemateri, setelah selesai acara kita sodorkan proposal. Ubah menset pendapat menjadi pendapatan, tuangkan pendapat dalam sebuah buku yang akhirnya memperoleh insentif. Out put dari setiap kegiatan penelitian menjadi faktor peningkatan Akreditasi.
Bapak Amiruddin Kuba menyampaikan beberapa Hal penting terkait dengan Peningkatan Mutu PTKIS melalui Akreditasi. Rasio orang yang mau kuliah dengan kampus yang tersedia tidak seimbang. Hasil penelitian menunjukan bahwa APK atau angka partisipasi kasar dalam mendaftar kuliah, atau antusias masyarakat untuk kuliah. Misalnya Indonesia masih 38% anak muda yang mau kuliah. Misalnya ada 100 anak muda indonesia hanya 38 orang saja yang mau kuliah dan ini sangat memberikan peluang bagi Kampus untuk menarik minat anak muda untuk kuliah. Peluang ini menimbulkan sebuah pertanyaan, yaitu mengapa Kampus agama kita belum mampu menarik minat anak muda untuk mau kuliah atau kah karena faktor kemiskinan menjadi penghalang untuk kuliah. Tahun 2019 ini kementerian Agama akan membantu akreditasi AIPT kampus swasta melalui kriteria 9 penilaian. Untuk menarik minat calon mahasiswa mendaftar di Fakultas Agama,
Kegiatan dua hari ini dilanjutkan dengan musyawarah forum pimpinan terhadap kegiatan yang akan dilakukan bersama di tahun ini. Kesimpulan dari musyawarah tersebut yaitu Forum pimpinan PTKIS akan melaksanakan Kegiatan Perlombaan antar mahasiswa PTKIS di STAI Tapak Tuan sebagai tuan Rumah di bulan Agustus 2019 dan kegiatan Konferensi International yang akan diadakan pada bulan Desember 2019 bertempat di Universitas Muhammadiyah. Adapun jenis perlombaan antar mahasiswa PTKIS yang akan dilaksanakan seperti MTQ, M2 KI, Qiraatul Kutub, Futsal dan lain lain. FAI Universitas Serambi Mekkah antusias untuk mengikuti dua kegiatan tersebut di tahun ini. Dua kegiatan ini sangat membantu untuk meningkatkan akreditasi Kampus.

Kegiatan raker ditutup dengan penandatanganan mou antara FAI USM dengan STAI Tapaktuan, STAI Aceh Tamiang, STAI sepakat Segenap Kuta Cane Aceh Tenggara dalam bidang Literasi, riset kolaborasi dan konferensi

Berikut foto-foto kegiatan acara tersebut.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *