Program Studi Teknik Kimia Universitas Serambi Mekkah Belajar Lapangan ke TPA Gampong Jawa

Share to your social networks

Banda Aceh, 31 Oktober 2019

Mahasiswa, Dosen dan Ketua Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah bersama mahasiswa mengadakan kunjungan lapangan ke Dinas Lingkungan hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLH3K) Kota Banda Aceh. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk implentasi dari mata kuliah “Teknologi Pengolahan Air Limbah dan Pengolahan Sampah”

Kegiatan kunjungan lapangan ini dilaksanakan selama satu hari pada Tanggal 31 Oktober 2019 yang bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Acara ini dibuka oleh Muhammad, ST.,M.Eng.Sc dan juga didampingi oleh Zulhaini Sartika , ST.,MT, yang merupakan dosen teknik kimia Universitas Serambi Mekkah dan juga merupakan dosen pengampu matakuliah tersebut.

Dharma Setiawan selaku koordinator ITF dan TPA Gampong Jawa pada DLH3K Kota Banda Aceh yang juga pembimbing lapangan dalam kunjungan ini, menyatakan, kami sangat senang dengan adanya kunjungan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Serambi Mekkah, dengan tujuan untuk mendapatkan ilmu secara langsung.

Dalam studi lapangan tersebut, melihat proses pengolahan limbah padat dan cair, di mana limbah padat salah satunya adalah limbah  plastik yang merupakan plastik pilihan dapat dijadikan produk sejenis minyak bensin dan solar. Sedangkan limbah cair seperti tinja dapat  dijadikan biogas dan pupuk.  Pengolahan ini  mempunyai dampak sangat bernilai positif bagi lingkungan.

Pada penutupan, ketua Prodi Teknik Kimia, Irhamni, ST.,MT menyatakan, kegiatan kunjungan lapangan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam Teknologi Pengolahan  air limbah dan pengolahan sampah, sehingga perlu untuk terus kita lakukan dengan berbagai lokasi yang sesuai dengan keilmuan atau mata kuliah yang dipelajari.

Dokumen/Informasi: Nurliani dan Irhamni.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.