Pelaksanaan Kegiatan Serah Terima Mahasiswa Magang/PPL di Thailand Selatan

Share to your social networks

Untuk pertama kalinya, Universitas Serambi Mekkah mengirimkan mahasiswa untuk magang ke Propinsi Thailand Selatan sebanyak 5 orang mahasiswa yang terdiri dari 3 orang putri dan 2 orang putra dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang duduk pada semester VIII. Keberangkatan mahasiswa tersebut didampingi oleh Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK). Rombongan dari USM berangkat bersama dengan rombongan dari Universitas Almuslim yang juga mengirimkan 5 orang mahasiswa pada tanggal 16 Mei ke Kuala Lumpur dari Bandara Sultan Iskandar Muda.

Gambar 1. Suasana saat menjelang keberangkatan di SIMIA

Kegiatan Magang/PPL diikuti oleh sebanyak tujuh puluh lima mahasiswa/I dari 13 Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri di Indonesia. Sekolah Penempatan mahasiswa Magang/PPL tersebar di seluruh kabupaten di Provinsi Thailand Selatan yaitu, Songkla, Yala, Pattani, Narathiwat, dan Krabi.

Para peserta dan dosen pendamping tiba di Pattani pada tanggal 17 Mei 2017. Setelah makan siang bersama, tepat pukul 14.00 dilanjutkan dengan acara Penyambutan Peserta Magang/PPL. Pemberian materi Pengenalan Thailand Selatan diberikan oleh Perwakilan SBPAC. Untuk memantapkan kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan Magang/PPL, Badan Alumni Thailand Selatan memberikan pengarahan mengenai persiapan magang, buku pedoman magang, dan kewajiban yang harus dipatuhi peserta dan hak yang akan diterima masing-masing peserta magang. SBPAC menjanjikan bahwa pada akhir bulan Mei setiap peserta akan memperoleh uang saku sebesar 2000 Bath yang akan dibayar langsung oleh Kerajaan Thailand kepada masing-masing peserta melalui Pimpinan Sekolah tempat dimana mereka ditempatkan. Sementara bulan kedua hingga keempat pembayaran akan dikelola oleh Badan Alumni.

 

Pada tanggal 18 Mei 2017 pukul 8.30 dilaksanakan serah terima mahasiswa magang/PPL kepada Pimpinan Sekolah dimana masing-masing mahasiswa ditempatkan. Dalam acara serah terima tersebut dihadiri oleh Bapak Konsulat RI di Songkla, Bapak Triogo Jatmiko, Bapak Pimpinan Militer Thailand Selatan, Ketua Badan Alumni Thailand Selatan Sayutee, Perwakilan Southern Border Province Administrative Center (SBPAC) Mr. Somkeart Ponpryoon dan Ketua Pelaksana Bapak Amran.

Peserta magang secara langsung diserahterimakan oleh Badan Alumni serta dosen pendamping kepada Pimpinan Sekolah atau Mudir dari sekolah penempatan PPL. Setiap mahasiswa USM ditempatkan pada sekolah yang berbeda yang berada di wilayah Songkla, Pattani, dan Narathiwat. Para Pimpinan Sekolah sangat senang dan antusias menerima kedatangan para peserta PPL ini, Hal ini tampak dari keakraban mereka dengan peserta PPL. Selesai acara serah terima, mahasiswa dan dosen pendamping serta perwakilan dari sekolah penempatan makan siang bersama. Setelah makan siang dan sholat, setiap mahasiswa langsung dibawa ke sekolah penempatan masing-masing.

Selain membawa misi magang berlevel internasional, Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama dalam keberangkatannya ke Thailand Selatan juga mempunyai misi mempromosikan Universitas Serambi Mekkah di kalangan siswa sekolah di Thailand Selatan. Melalui bantuan mahasiswa peserta PPL, brosur atau selebaran profil kampus USM dan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2017 pun turut disebarkan. Hal ini merupakan salah satu cara memperkenalkan USM di mata internasional dan menambah mahasiswa internasional khususnya dari Thailand Selatan ke USM.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code