Peduli Lingkungan dan Menangi PKM, Pendidikan Biologi USM Adakan Lomba Pengolahan Sampah

Share to your social networks

Foto bersama, pemenang, juri dan panitia

Senin 30 September 2019

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah melakukan kegiatan perlombaan pengolahan sampah tingkat Mahasiswa. Kegiatan ini dibiayai oleh Kemenristek Dikti melalui L2DIKTI Wil 13 Aceh pada Program Kreatifitas Mahasiswa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa Biologi (IMABIO) USM, yang berlangsung di Aula Dr. Mr. Teuku H. moehammad Hasan, Batoh pada Senin 30 September 2019.

Ketua Panitia mengatakan: Alhamdulillah IMABIO USM mendapatkan dana hibah kreatif mahasiswa tahun 2019 semoga kedepan di ikuti beberapa himpunan HMJ lainya. Lanjut ketua panitia terimakasih kepada L2DIKTI Wilayah XIII yang telah mempercayai kepada IMABIO untuk melaksnakan tugas penyambung tangan program L2DIKTI Wilayah XIII Aceh, juga Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung, terutama kawan2 panitia, ini semua berkat kerja keras tim dan saling kerja sama.

Kegiatan yang dihadiri beberapa pejabat kampus mulai dari Ketua BJM USM, Dekan FKIP, Ketua Prodi Biologi serta Dewan-dewan juri yang menilai hasil karya mahasiswa. Dalam sambutan Ketua IMABIO, Nanda Fahira S mengatakan, Kegiatan ini sangat mendukung kepada lingkungan masyarakat, kalau bisa menjadi awal dari program kita kedepan supaya permasalahan sampah sedikit bisa terselesaikan.

Ketua Prodi Biologi, Azwir, M. Pd dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia yang memilih topik yang sesuai dengan permasalahan masyarakat saat ini, baik lokal maupun nasional, kegiatan ini kita harapkan menjadi panutan bagi masyarakat, untuk pengelolahan sampah menjadi sumber kreatifitas baru dengan memunculkan inovasi-inovasi berkualitas.

Ucapan terikasih juga kepada lembaga kampus dan L2DIKTI wilayah XIII Aceh telah memberi dukungan baik materi maupun moril kepada IMABIO sehingga acara sukses seperti yang kita harapkan, tutup ka Prodi.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKIP Jalaluddin, M. Pd dalam penyampaian kata-kata sambutan sekaligus membuka acara mengatakan: Kegiatan ini dapat membangkit motivasi bagi kelompok yang berfikir inovatif, sehingga karya yang ada bukan disimpan tapi memiliki tempat untuk memperkenalkan ke publik, agar menjadi contoh kesadaran terhadap menjaga lingkungan.

Kegiatan yang didaftarkan 8 Prodi di lingkungan FKIP USM serta di ikuti 40 peserta dan 10 kelompok. Pada kesempatan ini yang dipercayakan sebagai dewan juri yaitu Bapak Drs. M. Ridhwan, M.Pd, Ibu Dra. Armi, M.Si dan Ibu Dr. Evi Apriana, M. Pd.

Dewan juri menetapkan pemenang pada kegiatan ini sebagai berikut:

Juara I kelompok mahasiswa Biologi, koordinator T. Jasa Putra (Pengolahan bahan anorgnik menjadi Bahan Bakar Minyak(BBM) Juara II kelompok Mahasiswa Fisika (Kertas bekas menjadi lampu lampion dan kincir foto) Juara III kelompok Pendidikan Ekonomi (Pengolahan sampah menjadi tempat kosmetik).

Pemenang akan di lakukan pembinaan oleh para juri melalui PKM Mahasiswa.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piala oleh kepala BJM USM oleh Dr. Hayati M.Ag, dengan pesan beliau, “jangan berhenti melahirkan kreatifitas demi memajukan Universitas Serambi Mekkah kedepan.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.