Mahasiswa USM akan PPL dan KKN di Thailand

Share to your social networks

Mahasiswa USM akan PPL dan KKN di Thailand

[Thailand] Bertempat di C.S Hotel Pattani, Universitas Serambi Mekkah (USM) melaksanakan penandatanganan MOU dengan Abroad Alumni Association of Southern Border Provinces (AAASBP) yang disaksikan oleh Kepala Konsulat Jendral Republik Indonesia Songkla, Triyogo Jatmiko dan Tuan Phanut Uthairat, Gubernur yang membawahi 5 Propinsi di Thailand Selatan (Southern Boarder Provinces Administrative Center-SBPAC) pada 30 Mei 2016. Dalam sambutannya, Kepala Konsulat RI mengatakan bahwa kerjasama semacam ini sangat penting dalam era keterbukaan sehingga siswa, mahasiswa dan masyarakat di kedua negara akan saling mengenal lebih dekat. Sementara  itu, Tuan  Phanut Uthairat menyambut baik MoU karena ini merupakan peluang bagi masyarakat Thailand untuk mengenal lebih dekat budaya Indonesia dari kaum terpelajar. Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jalaluddin, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini, telah membuka peluang dimana bukan hanya dosen yang akan mendapat pengalaman luar negeri, tetapi juga para mahasiswa/i USM akan mendapatkan kesempatan emas tersebut. Hal ini menurutnya adalah adanya salah satu poin MoU adalah USM akan saling bekerjasama dalam bidang pendidikan baik di tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Bentuk kegiatannya baik berupa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan ini merupakan pencapaian yang patut kami syukuri, imbuhnya. Muslem Daud, M.Ed, Ph.D yang mewakili Rektorat USM dalam penandatanganan MoU dimaksud kepada media mengatakan bahwa berdasarkan hasil penjajakan yang dilakukan di Thailand, telah membuahkan hasil dimana mulai semester depan mahasiswa USM sudah dapat melakukan PPL-KKN disekolah-sekolah khususnya di 5 Proinsi yang ada di Thailand Selatan.

Sementara itu, Dekan I bidang akademik, Drs. Abubakar A. Jalil, M. Si selaku inisiator MoU ini kepada media   mengatakan   bahwa,   kita  akan   melakukan seleksi   sebelum  para   mahasiswa/i   dikirim   ke   sana. Mereka juga akan diberikan pembekalan dan pengenalan budaya lokal sehingga mereka dapat melakukan PPL dan juga KKN dengan baik. Mereka akan menjadi duta USM dan diharapkan akan mengharumkan nama  Aceh  dan   Indonesia  dalam   masyarakat Thailand,  pangkasnya. Pimpinan Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah   Ir.   T.   Iskandar Shah Memberikan apresiasi kepada Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yang telah menjalin kerja sama dalam meningkatakan Mutu Perguruan tinggi/ mutu lulusan. Kita memiliki harapan ini harus berlanjut agar sema lulusan USM bisa berkipran di nasional dan internasional.

sign-thai

Penandatanganan MoU anatara Universitas Serambi Mekkah (USM) dengan Abroad Alumni Associationof Southern Border Provinces (AAASBP)  yang disaksikan oleh Kepala Konsulat Jendral Republik Indonesia Songkla, dan Gubernur untuk 5 Propinsi di Thailand Selatan 30 Mei 2016

 

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code
     
 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.