Kuliah Umum Tema: “Peran Media Sosial dalam Kampanye Politik.”

Share to your social networks

Media sosial tidak hanya digunakan sebatas tujuan interaksi tegur sapa antara satu pengguna dengan pengguna lain, namun kini semakin berkembangnya pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk kampanye politik. Untuk membahas fenomena ini, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) Universitas Serambi Mekkah menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Peran Media Sosial dalam Kampanye Politik” di Aula Universitas Serambi Mekkah, Rabu (1/11). Kuliah Umum ini disampaikan oleh Dr. Heri Budianto, M.Si selaku salah satu pakar Komunikasi Politik di Indonesia yang sekaligus menjabat sebagai ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh 157 peserta dari berbagai bidang ilmu dan dari berbagai kalangan baik dari kalangan mahasiswa Universitas Serambi Mekkah, mahasiswa UIN Ar-Raniry, serta dari kalangan umum. Dr. Heri Budianto, M.Si selaku pemateri menyampaikan bahwa penggunaan media sosial sebagai kendaraan kampanye politik seperti Facebook, Twitter, Website, dll menimbulkan sisi positif bagi politisi dalam hal nilai jual individu (personal branded) dan sisi positif bagi masyarakat dengan semakin banyak informasi yang didapatkan selain dari media mainstream. Namun penggunaan media sosial sebagai medium kampanye juga memiliki efek negatif, salah satunya adalah ruang politik bisa saja dimenangkan oleh pihak yang berhasil membangun citra diri (personal image) melalui media sosial tanpa mempertimbangkan kredibilitas politisi itu sendiri. Fenomena ini sering disebut ‘Politisi Instan’, kata Heri.

Kegiatan Kuliah Umum ini juga diselingi dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara Prodi KPI Universitas Serambi Mekkah dengan ASPIKOM, dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Serambi Mekkah dengan FIKOM Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah beserta jajarannya. Ketua Prodi KPI Universitas Serambi Mekkah, Ainal Fitri, M.I.Kom selaku ketua panitia mengatakan kerjasama ini dilakukan dalam upaya pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi kedua belah pihak. “Semoga ke depan kita bisa melakukan lebih banyak lagi kerjasama dan kegiatan yang menunjang keilmuan di bidang Ilmu Komunikasi dan tentunya dengan isu-isu yang kontekstual, oleh karena itu kesempatan Kuliah Umum bersama pakar Komunikasi hari ini merupakan kesempatan emas bagi kita semua,” ujarnya.

Lanjut lagi, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Serambi Mekkah, Dr. Andri Nirwana AN, M.A mengatakan bahwa tujuan membangun literasi bidang Ilmu Komunikasi bagi mahasiswa dan masyarakat bisa diwujudkan dengan kegiatan seperti Kuliah Umum. Hal ini terbukti dengan antusiasme peserta meskipun mereka semua berasal dari latarbelakang bidang keilmuan dan profesi yang berbeda-beda.

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code