Kuliah Umum Kebijakan Penggunaan Dana Desa

Share to your social networks

Bertempat di Auditorium DR. Mr. Teuku Moehammad Hasan, Kampus Induk Universitas Serambi Mekkah (USM) hari ini Jumat (10/11/2017), Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USM, melaksanakan kuliah umum yang bertemakan “Penggunaan Dana Desa dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat dan Pembangunan Gampong” dengan narasumber Bapak Helmi Iskandar, S.Sos, M.Si dari Dinas Pengembangan Masyarakat Gampong (DPMG) Provinsi Aceh.

Dalam pemaparannya, Helmi menyampaikan bahwa berdasarkan evaluasi terakhir didapatkan bahwa: penyaluran dana desa masih ada yang terlambat; Sebagian daerah belum memasukkan Dana Desa dalam APBD induk; Sebagian dearah terlambat menetapkan Perbup tentang pengalokasian dana desa perdesa. Yang lebih parah lagi adanya sebagian daerah harus merubah penetapan alokasi dana desa perdesa karena jumlah desanya berbeda dengan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri atau data induk lainnya. Helmi menambahkan bahwa juga terdapat daerah belum berani menyalurkan dana desa karena belum adanya keputusan bersama sehingga serapan dana desa untuk meningkatkan perekomian masyarakat dan pembangunan desa atau gampong belum berjalan maksimal. Karenanya menurut alumni STPDN leting ke-3 tersebut, pemerintah telah mengambil kebijakan untuk memberikan pendampingan dengan menyediakan tenaga ahli dan pendamping desa sehingga penggunaan dana desa akan lebih maksimal untuk pembangunan ekonomi masyarakat sehingga dana desa dapat menyejahterakan.

Kuliah umum ini terselenggara atas kerja sama penuh antara Prodi Pendidikan Ekonmi FKIP-USM dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perndidikan Ekonomi yang disupervisi oleh pihak FKIP USM . Menurut Iswandi (Ketua HMJ) yang didampingi oleh Chairul Syahputra (Ketua Panitia), mengatakan bahwa kegiatan ini dimotori oleh Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi dan panitiannya adalah semua rekan-rekan HMJ. Diminta keterangannya, Sekretaris Prodi Pendidikan Ekonomi, Ratna Mutia, S.Pd, M.Si menyatakan bahwa kuliah umum ini adalah kegiatan rutin Prodi dalam rangka pengembangan keilmuan bukan saja untuk mahasiswa tetapi juga bagi semua civitas USM. Dalam kuliah umum kali ini diiukti oleh lebih dari 150 peserta terdiri dari dosen, mahasiswa Prodi dan juga dosen lainnya di lingkungan USM, imbuh Ratna.

Berdasarkan pantauan media sebelum kuliah umum dimulai, telah ditandatangani nota kesepahaman antara Prodi Pendidikan Ekonomi dengan Seksi Pengembangan Usaha dan Lembaga Ekonomi Masyarakat Mukim dan Gampong, DPMG Provinsi Aceh. Menurut Ketua Prodi, Dr. Muslem Daud, M.Ed, ini adalah awal yang baik sehingga ke dua pihak akan dapat berkolaborasi lebih intens ke depan. Sementara itu, Drs. M. Ridhwan, M.Pd (Dekan I FKIP USM) dalam sambutannya mengapresiasi kuliah umum yang dijalankan oleh Prodi binaannya tersebut. Kiranya kegiatan lain juga diperbanyak seperti penelitian dosen. Hal yang tidak kalah penting adalah mendata dan mendokumentasi dengan baik sehingga sewaktu-waktu diperlukan, data dan dokumentasi dimaksud sudah tersedia. Hal ini akan memudahkan untuk segala kebutuhan, seperti akreditasi pangkas Ridhwan di akhir sambutannya. Kegiatan kuliah dimoderatori oleh tim MC Mahasiswi Prodi (Ade, Maulidia, Nova dan Rismalisa), dan ditutup dengan doa oleh Zulfahmi, menjelang jam 12 sebelum Jumatan.

Berikut adalah foto-foto kegiatan kuliah umum tersebut

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code