Visi Misi

Visi dan Misi Universitas Serambi Mekkah

Visi :

Menjadikan Universitas Serambi Mekkah sebagai suatu lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan tenaga – tenaga profesional yang berkualitas di bidangnya dan unggul secara fisik, mental, emosional, sosial, intelektual dan moral yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional”.

Misi :

Berdasarkan visi yang ditetapkan, maka perlu dijabarkan dan menetapkan misi secara operasional yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang relevan secara holistik dan seimbang.
2. Peningkatan pelaksanakan penelitian dan pengabdian dalam berbagai bidang yang relevan ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan peningkatan standar kualitas sumber daya manusia yang lebih handal dan berkualitas yang berguna bagi semua pihak.
3. Melaksanakan kemitraan dengan pihak pemerintah, pengguna dan stakeholder untuk meningkatkan daya serap lulusan dan mampu melaksanakan manajerial di masyarakat dan instansin pemerintah/swasta serta mempunyai kontribusi secara lebih luas bagi lingkungannya.
4. Melaksanakan keteladanan melalui penerapan manajemen akademik yang partisipatif, subtantif, dan transparansif dengan melibatkan seluruh sivitas akademika Universitas Serambi Mekkah sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi sesuai dengan nilai dan norma-norma yang berlaku.
5. Menyelenggarakan forum-forum ilmiah dalam upaya mendorong pengembangan budaya akademik, sikap, dan kepribadian lulusan sesuai dengan bidang keahliannya

Universitas Serambi Mekkah

Hasil Akreditasi Prodi

 

Beberapa Prodi yang baru turun tim assesor dari BAN PT sudah keluar nilai akreditasinya dengan nilai B, yaitu Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Bahasa Inggris, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada situs BAN PT ini


Pengumuman Kelulusan Mahasiswa Baru 2013 Gelombang 2

Universitas Serambi Mekkah mengumumkan nama-nama calon mahasiswa baru yang lulus gelombang ke 2 pada tahun 2013, untuk informasinya klik disini

 


Pengisian KRS Online

Mulai sekarang, untuk mengakses KRS online sudah bisa disemua tempat, karena baru terjadi perbaikan jaringan pada telkom, klik disini untuk mengisi KRS Online

 


Pengumuman Kelulusan Mahasiswa Baru 2013 Gelombang I

Universitas Serambi Mekkah mengumumkan nama-nama calon mahasiswa baru yang lulus pada tahun 2013, untuk informasinya klik disini


 Pohon Kenangan, Berakhirnya Pemerintahan SBY

RATUSAN ribu pohon yang disediakan oleh pihak Istana Kepresiden RI untuk diberikan pada para tamu undangan usai rapat kemerdekaan RI di Istana negara, pada Sabtu (17/8/2013).


Pemberian pohon ini rupanya membuat tamu undangan merasa senang bahkan kata mereka pohon ini akan menjadi kenangan dan saksi berakhirnya pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono.

"Saya akan tanam dan semoga tumbuh sepanjang Republik ini berjaya dan jika berbuah maka buah tersebut adalah buah merdeka. "Kata THM Sulemansyah Pada pelitaOnline usai upacara pada Sabtu (17/81l/2013).

Pohon dari istana tersebut kata mantan Jurnalis yang juga Ketua Yayasan pembangunan Universitas Serambi Mekah, harus dilestarikan.

Maka dari itu jangan ada pencurian hutan atau ilegal loging yang mengakibatkan rakyat menjadi sengsara.

Dengan adanya pohon maka akan menyejukkan udara lingkungan sekitar, kelangsung makhluk hidup serta menghasilkan buah.

"Apalagi memetik buah kenang-kenangan pohon istana kan. "Ujarnya

Tapi, tambahnya, yang jelas keberadaan pohon sangat di butuhkan dunia dan jika Indonesia masih bisa memelihara pohon seperti dahulu bisa dipastikan Indonesia menjadi paru-paru dunia.

Dirinya mengaku sengaja mengambil dua pohon durian, satunya dibawa ke Aceh dan satunya lagi ditanam di kediamannya Rawamangun, Jakarta.

"Jadi, pohon ini saya artikan hubungan antara Jakarta dan Aceh aman dan sentosa."Tandasnya.

Ditanya, mungkin ini pemberian dan sebagai kenang-kenangan SBY terakhir jadi presiden?

"Hahaha, mungkin begitu, sebuah kenang-kenangan. " tuturny.

Ini, merupakan hadiah yang pertama kali yang dilakukan oleh seorang presiden yakni berupa pohon dilingkungan istana.

Pemberian pohon ini katanya adalah merupakan wujud dari kecintaan SBY terhadap kelestarian hutan atau penghijauan kota.

Jadi, sambungnya, kemerdekaan ini harus disyukuri karena berkat pejuang dulu yang megantarkan Indonesia kepintu gerbang kemerdekaan.

Semntara, ketika ditanya, apakah korupsi itu merupakan penghianat bangsa?

"Nah, itu orang lain yang bilang, kalau saya tidak, karena kaca mata saya kabur soal itu hahaha. "Tambahnya.

Namun yang jelas. Masa pemerintahan SBY ada kelebihan dan kekurangan karena ia adalah manusia biasa termasuk para nabi atau rasul Allah.

Namun sebagai rakyat harus membantu pemerintah dan tetap menhargai serta bahu membahu demi kejayaan bangsa.

Demikian juga dengan para koruptor, jangan lagi berkorupsi, mari menikmati kemerdekaan ini. Kemerdekaan membantu ekonomi rakyat kecil dari ekonomi ini maka rakyat gampang bayar pajak.

"Rakyat makmur maka penghasilan pajak pun meningkat. "Tandasnya. - See more at: http://politik.pelitaonline.com/news/2013/08/17/pohon-kenangan-berakhirnya-pemerintahan-sby#.UhIXukTWTyF


 Akses Jurnal ProQuest, Cengage, EBSCO

 

Universitas Serambi Mekkah akan memberikan kesempatan kepada dosen-dosen di lingkungan Universitas Serambi Mekkah untuk mengakses jurnal-jurnal ilmiah yang terdapat di ProQuest, Cengage dan EBSCO, silahkan menghubungi bagian yang mengurus masalah jurnal, untuk info lebih lanjut silahkan bertanya ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.


 Halal Bi Halal Staf USM

 

Pada hari ini Jum'at, 16 Agustus 2013 staf USM mengadakan Halal Bi Halal yang juga turut dihadiri oleh Bapak Rektor Dr. H. Abdul Gani Asyik, MA, Halal Bi Halal ini juga bertepatan dengan ulang tahun Pembantu Rektor III Universitas Serambi Mekkah, Selamat kami ucapkan kepada Bapak Marzuki, S.Pd, M.Pd atas ulang tahun ini.

Klik Disini untuk melihat foto-foto kegiatan Halal Bi Halal hari ini


 Pengumuman Ujian SPMB dan wawancara Mahasiswa Baru Gel. 1 2013

 

Universitas Serambi Mekkah akan mengadakan ujian SPMB dan wawancara bagi calon mahasiswa baru gelombang pertama tahun 2013, mohon klik menu dibawah ini untuk melihat jadwal tes dan wawancara

Jadwal Tes dan Wawancara


 Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II Universitas Serambi Mekkah

 

Universitas Serambi Mekkah kembali membuka kesempatan kepada putra-putri bangsa untuk melamar menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Serambi Mekkah pada Gelombang II, untuk informasi dan pendaftaran bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu mendaftar secara offline di kampus Universitas Serambi Mekkah dan atau dapat melakukan pendaftaran dengan sistem online melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Serambi Mekkah.

Untuk mendaftar secara offline silahkan datang langsung ke kampus Universitas Serambi Mekkah yang beralamat di Jl. Teungku Imum Lueng Bata, Batoh, Banda Aceh, sedangkan jika ingin mendaftar secara online bisa di klik menu dibawah ini :

Klik Disini Untuk Mendaftar Secara Online

Klik Disini Untuk Melihat Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II


 Pengumuman Ujian Mahasiswa Baru Gelombang I Universitas Serambi Mekkah

 

Universitas Serambi Mekkah akan mengadakan ujian masuk untuk mahasiswa baru, untuk melihat pengumumannya silahkan dilihat pada menu dibawah ini :

Pengumuman Ujian Masuk Mahasiswa Baru Gelombang I


 Pelantikan Ketua Kopertis XIII Aceh

 

Kami mengucapkan selamat atas pelantikan Bapak Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed sebagai Ketua Kopertis XIII Aceh yang dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA semoga dengan hadirnya Kopertis Aceh maka akan semakin berkembang lagi pendidikan di Aceh.


 Pengiriman Mata Kuliah Untuk Metode E-Learning

 

Kepada semua dosen yang mengajar dengan menggunakan metode E-Learning agar dapat segera mengirimkan nama-nama mata kuliah yang akan digunakan untuk E-Learning ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk dimasukkan ke dalam database E-Learning, dan disarankan kepada dosen yang menggunakan metode E-Learning agar dapat segera mendaftar pada website E-Learning yang beralamat di http://e-learning.serambimekkah.ac.id

Demikian untuk dapat dilaksanakan secepatnya


  Pengisian KRS Online untuk semua mahasiswa USM

 

Kepada semua mahasiswa USM, mulai tahun ajaran ini untuk mengisi KRS sudah bisa dilakukan secara online, dan boleh diisi dimana saja selama ada koneksi ke internet, untuk panduan pengisiannya, silahkan KLIK DISINI


  Pelatihan Penyusunan Borang Akreditasi BAN-PT

 

Kopertip Indonesia akan mengadakan pelatihan penyusunan borang akreditasi BAN PT untuk semua dosen, untuk mengetahui lebih lanjut bisa di download persyaratan pada link ini, silahkan klik disini untuk download


 Exclusively Report From Turkey the Journey of Serambi Mekkah University Leader


 Penyambutan Pimpinan YPSM dan Rektor USM dari Turki

 

Pimpinan YPSM dan Rektor USM hari ini baru tiba dari Turki dengan selamat, kepulangan beliau ini diadakan suatu prosesi penyambutan, yang mana penyambuitan ini turut disaksikan oleh dosen dan staf USM dan diliput oleh wartawan media dan televisi.


 Kunjungan Pimpinan YPSM dan Rektor USM Ke Turki

 

Kunjungan Pimpinan Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah T.H.M. Sulaiman Shah dan Rektor Universitas Serambi Mekkah Dr. H. Abdul Gani Asyik, MA ke Fatih University di Istanbul, Turki dan melakukan penandatanganan MoU antara Universitas Serambi Mekkah dengan Fatih University Turki. Untuk melihat videonya silahkan diklik pada gambar dibawah ini :


 Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Sarjana Angkatan XXIII

Tanggal 22 April 2013

 

Pada hari ini Senin, 22 April 2013 Universitas Serambi Mekkah melaksanakan rapat senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana Universitas Serambi Mekkah angkatan XXIII, Acara wisuda diselenggarakan di Gedung Prof. Dayan Dawood, MA yang dihadiri oleh :

1. Wakil Gubernur Provinsi Aceh Bapak Tgk. Muzakir Manaf (Mualem)

2. Ketua DPRA Bapak Drs. Hasbi Abdullah, M.Si

3. Koordinator Kopertis Wilayah I Aceh - Sumut, Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.Sc., M.A., Ph.D

4. Kopertais Wilayah V Aceh Bapak Dr. Farid Wajdi Ibrahim, M.A

5. Pangdam Iskandar Muda Bapak Mayjen. TNI. Zahari Siregar

6. Kapolda Aceh Bapak Irjen. Pol. Herman Effendi

7. Para pimpinan bank pemerintah dan swasta

8. Para orang tua wali wisudawan dan wisudawati

Acara wisuda berlangsung meriah dan khidmat, dan berikut ini adalah beberapa foto kegiatan terkait dengan acara wisuda

 

Klik Disini untuk melihat foto-foto wisuda

Puisi Ayahanda pada saat wisuda sarjana April 2013, Klik Disini

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah pada wisuda April 2013, Klik Disini


 YPSM dan USM Peringati Maulid Nabi

Pada hari ini Sabtu, 30 Maret 2013, YPSM / USM memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Tahun 1434 H / 2013 M, peringatan maulid ini juga bertepatan dengan Milad YPSM / USM yang ke 29 tahun, Ayahanda juga menyampaikan bahwa USM ini lahir dari perjuangan Bapak (Alm) Mr. T. H. Muhammad Hasan selaku salah seorang Proklamator Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa semakin meningkat, dari mulai jumlah puluhan, ribuan sampai ratusan ribu mahasiswa, Alhamdulillah banyak lulusn USM yang telah bekerja pada berbagai sektor, seperti menjadi PNS, menjadi anggota DPR, menjadi pengusaha yang sukses, menjadi kepala dinas bahkan menjadi bupati, dll.

Ayahanda juga menyampaikan bahwa Pendidikan ini merupakan ujung tombak daripada membangun suatu negara, maju mundurnya suatu negara tergantung dari pendidikan, dalam hal ini USM menunjang dan membantu menggerakkan pendidikan di Aceh untuk membantu pemerintah Aceh dalam mencerdaskan anak bangsa.

 

Beberapa foto terkait Maulid Nabi dan Milad YPSM / USM 2013

 

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah (USM)

Bekerja Sama dengan Institut Pertanian Bogor ( IPB) - Jawa Barat

 

Banda Aceh - Pengurus Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) bersama jajaran Rektorat Universitas Serambi Mekkah  melakukan pertemuan dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari Sabtu (23/2/2013) di Hermes Hotel Banda Aceh. Dalam pertemuan ini kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan USM.

Pertemuan silaturahmi yang berlangsung hangat ini membicarakan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Aceh terutama pendidikan tinggi. Selain itu juga dibahas bentuk-bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara USM dan IPB.

Sebagaimana diketahui IPB merupakan salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia serta telah mendapat pengakuan dunia. Para alumninya pun bertebaran di berbagai daerah termasuk di Aceh. Sementara itu USM sudah dikenal sebagai salah satu universitas swasta tertua di Aceh yang didirikan oleh Pahlawan Nasional RI yaitu Alm Dr. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan. Saat ini USM di bawah kepemimpinan Ayahanda H.T. Sulaiman Shah sangat antusias mengembangkan perguruan tinggi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa khusus di Aceh, karena pada umumnya mahasiswa/i di USM yang menjalani pendidikan di USM merupakan putra-putri dari daerah-daerah yang tidak dapat kuliah di perguruan Negeri.

Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc dalam pertemuan tersebut menyampaikan komitmen IPB akan mendampingi USM dalam program peningkatan kualitas bidang akademik. Sejumlah bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara lain pengiriman dosen USM ke IPB, pelatihan penyusunan proposal, pertukaran mahasiswa, penyaluran bea siswa dari Dikti dan lain sebagainya. Sehingga diharapkan nantinya USM akan menjadi universitas swasta terbaik khususnya di Aceh. Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc  akan mengundang USM mengunjungi kampus IPB di Bogor dalam waktu dekat untuk pembicaraan lebih lanjut tentang agreement oleh kedua belah pihak.

Dalam pertemuan yang disertai makan malam dan berlangsung sekitar empat jam tersebut, dari YPSM langsung dihadiri oleh Ayahanda H.T. Sulaiman Shah dan Ir. T. Iskandar Shah (Wakil Rektor II USM dan Wakil Ketua YPSM). Sedangkan dari jajaran rektorat USM diwakili oleh , Dr. H. Abdul Gani Asyik, M.A (Rektor USM),  Ir. T. Makmur, M.Si (Wakil Rektor I USM) dan Purwana Satriyo, S.TP.,
M.T (Wakil Dekan I Fakultas Teknologi Pertanian USM).

Keterangan Foto:

Pengurus Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) serta jajaran Rektorat Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh bersama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), usai pertemuan di Hermes Hotel, Sabtu (23/2/2013). Dari bawah-atas : Purwana Satriyo, S.TP, M.T (Wakil Dekan I Fakultas Teknologi Pertanian USM), Dr. Abdul Gani Asyik, M.A (Rektor USM), Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc (Rektor IPB), Ayahanda H.T. Sulaiman Shah (Ketua Umum YPSM), Ir. T. Iskandar Shah (Wakil Rektor II USM dan Wakil Ketua YPSM) dan Ir. T. Makmur, M.Si (Wakil Rektor I USM).

 

 


 Akreditasi Prodi Penjaskesrek

 

Prodi Penjaskesrek sudah memiliki nilai akreditasi dari BAN-PT dengan nilai B, semoga Prodi Penjaskesrek semakin maju kedepan, berikut gambar akreditasinya

 


Dilarang Merokok


Universitas Serambi Mekkah sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang peringatan dilarang merokok dikawasan kampus kemarin di Oasis Hotel Banda Aceh, penandatanganan ini diwakili oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah Bapak Dr. H. Abdul Gani Asyik, MA. Jadi marilah kita sama-sama menghormati peraturan tersebut demi kemaslahatan dan kesehatan bersama.

Berita selengkapnya bisa dibaca pada http://aceh.tribunnews.com/2012/12/20/stop-merokok-di-3-kampus-ini


Sumber: Serambi Indonesia


 

 


 Berita Lainnya :

1. Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

2. Jadwal Tes Calon Mahasiswa Baru 2013

3. Kuliah Umum Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia

Teknik

Teknik Kimia

Teknik Informatika

Teknik Industri

Teknik Lingkungan

Tentang USM

Tentang USM

Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) didirikan pada tanggal 21 Maret 1984 oleh salah seorang pendiri negara Republik Indonesia (Pahlawan Nasional RI) yaitu DR. Mr. Haji Teuku Moehammad Hasan (Alm) yang tertuang dalam akta Notaris nomor 76 tahun 1984. Berdasarkan ijin Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dan Aceh, dibawah YPSM beliau mendirikan Perguruan Tinggi Serambi Mekkah (PTSM) dengan ijin operasional Nomor 180/SK.PPS/KOP/1985 tanggal 18 Juli 1985, yang selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0430/O/1987 tanggal 23 Juli 1987, PTSM memperoleh status terdaftar. Setelah berkembang dan mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat Aceh, sebagai bukti kualitas penyelenggaraan PTSM, sejak tahun 2000 hampir seluruh program studi yang ada di lingkungan PTSM memperoleh status “TERAKREDITASI BAN PT”.

Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) selaku Badan Penyelenggara Universitas Serambi Mekkah (USM) ketika pertama sekali didirikan tahun 1985 dipimpin oleh DR. MR.Teuku Haji Moehammad Hasan sampai dengan tahun 1999, setelah beliau wafat, YPSM dipimpin oleh putri beliau yakni Pocut Hajjah Keumalawati sampai dengan tahun 2004, tahun 2004 s/d 2010 kepemimpinan YPSM dimotori oleh Ayahanda H.T. Sulaiman Shah (Anak menantu dari Almarhum DR. MR. H.T. Moehammad Hasan). Dibawah kepemimpinan beliau YPSM dan Universitas Serambi Mekkah terus mengalami perkembangan yang signifikan baik dilihat dari kualitas maupun kuantitas.

Perkembangan awal yang cukup menggembirakan adalah sejak tahun 2002. Yaitu ketika seluruh unsur yang terlibat melakukan pengembangan dan merespons kebutuhan nyata masyarakat Aceh, dengan mengubah PTSM menjadi Universitas Serambi Mekkah (USM) berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 256/D/0/2002 tanggal 30 Oktober 2002, sejalan dengan itu terus mengalami perkembangan sampai menjadi 23 program studi dibawah naungan enam fakultas yaitu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Tarbiyah (FATAR) dibawah pembinaan Ditpertais Depag RI.

Salah satu fakultas yang mengalami perkembangan yang cukup menonjol adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Hingga saat ini FKIP USM telah memiliki 10 program studi yang meliputi 8 (delapan) program S1 dan 2 (dua) program diploma. 11.053 orang, dengan jumlah dosen tetap tahun 2010 berjumlah 267 orang, Dosen Kopertis (PNS) 23 orang dan dosen tetap yayasan 144 orang, 60% telah memiliki kualifikasi pendidikan S2, 2,3% sedang menempuh S3 baik di dalam maupun luar negeri. Jumlah keseluruhan mahasiswa saat ini adalah 13.053 orang yang pada umumnya berasal dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan berbagai provinsi lainnya di sekitar wilayah Aceh.

Struktur Organisasi

Struktur USM