FKIP USM Jalin Kerjasama Dengan Alfityan School Aceh

Share to your social networks

usm-alfityan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Serambi Mekkah (USM) menjalin kerjasama pertama dengan Sekolah berbasis Islam Terpadu IT yang telah mendapatkan Akreditasi A, SMA IT Alfityan School Aceh. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kepala Sekolah SMA IT Alfityan School Aceh ini, turut dihadiri oleh Pihak Yayasan Sekolah tersebut, Pembantu Dekan I FKIP USM dan Kepala Lab. Fisika USM.

Pertemuan tersebut berlangsung pada tanggal 30 Juli 2016, membicarakan tentang langkah-langkah dan peluang peningkatan komunikasi lebih lanjut untuk melakukan kerjasama dalam peningkatan Sumberdaya Pengajar dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

USM selama ini telah banyak melakukan kerjasama, membentuk sekolah binaan dan kampung binaan Universitas. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Bapak Drs. Abubakar Ajalil, M.Si, yang merupakan Pembantu dekan bidang akademik dan juga Ketua Pelaksana LPPM USM. Disamping itu juga USM memiliki ikatan kerjasama dengan 2 Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar dalam hal pengabdian dan kerjasama dengan beberapa Sekolah dalam hal peningkatan kualitas sumberdaya pengajar dan tenaga pendidik di sekolah tersebut. Selain itu, Kegiatan pengabdian USM yang diprakarsai oleh Dosen peneliti di LPPM juga telah membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat dengan berbagai produk hasil penelitian seperti Tempe, Tahu, minyak VCO dll.

Bapak Arida Sahputra, Kepala Sekolah SMA IT Alfityan School Aceh menyambut baik kerjasama ini dengan menyebut ini sebuah langkah maju dan terukur untuk memajukan mutu pendidikan. Lebih lanjut beliau mengharapkan agar kerjasama ini juag menjadi latihan dan akselerasi siswa SMA IT Alfitan School Aceh. Akselerasi yang dimaksud adalah keinginan oleh pihak sekolah agar siswa-siswa dapat diikut sertakan dalam kegiatan Pengabdian, KKN dan penelitian, juga melakukan diskusi dan pengembangan Ilmu Profesi dengan menjalin komunikasi sejak dini dengan Himpunan Himpunan Mahasiswa Profesi di Kampus USM. Kita menginginkan Akselerasi untuk siswa agar siswa merasakan dunia mahasiswa lebih dulu tentu dalam pengembangan akademiknya (Arida Sahputra).

Kepala Lab. Fisika USM yang ikut hadir bersama rombongan ke SMA IT Alfityan School Aceh, Juli Firmansyah, M.Pd., menyebutkan kualitas pembelajaran merupakan kunci agar siswa mampu menyerap ilmu pengetahuan. Lebih lanjut, Firman menyebutkan menguatkan kualitas pembelajaran Sains di sekolah tersebut dengan adanya MoU ini.

Tanggapan yang diberikan oleh Bapak Jalaluddin, M.Pd selaku Pembantu Rektor III yang dihubungi melalui telepon selular menyatakan sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang diambil oleh Fakultas dalam hal ini bapak dekan dan jajarannya. Teruslah melakukan pengabdian dan pengembangan agar masyarakat pada umumnya, sekolah-sekolah khususnya juga mendapatkan manfaat sebagai pengguna Alumni (Stake Holder) kita di FKIP.

Kerjasama ini diakhiri dengan penandatanganan naskah kerjasama dan saling bersalaman. Dalam penjelasan terakhirnya, pihak Kampus USM akan mengirimkan Bapak Juli Firmansyah, M. Pd (Kepala Lab. Fisika) sebagai Pendamping Olimpiade Penelitian Siswa di Sekolah SMP IT Alfityan School Aceh yang akan dimulai pada bulan Agustus 2016 ini.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code