Fakultas Agama Islam USM Jalin MoU Dengan Universitas Fatoni Thailand

Share to your social networks

Seminar Internasional

Politik dan Ekonomi Minoritas Muslim di ASEAN: Peluang danTantangan di Era 4.0

Keynote Speaker:

Prof. Madya Dr. Sukree Lang puteh (University of Fatani, Thailand)

Fachrul Razi, M. IP (Senator DPD RI asal Aceh)

Ikhsan Fajri, MA (Dosen Fakultas Agama Islam)

Prof. Madya Dr. Sukree Lang puteh (University of Fatoni, Thailand)

Muslim Politics and Economics: Challenges and Opportunities

Isu Bahasa merupakan salah satu tantangan yang harus dipupuk dalam hubungan komunikasi antar komunitas, seperti di Universiti Fatoni menggunakan empat Bahasa yaitu Arab, Thailand, Inggris dan Melayu Jawi. Senantiasa berfikir untuk dapat merubah segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi bias dengan pola fikir yang tidak kaku. Pergerakan goegrafi dan demografi telah berubah dalam dunia baru untuk melahirkan satu nilai ekonomi yang berkualitas (Transnational migration). China membangun jalan tol di Afrika sehingga ekspor mobil dari China menjadi prioritas (Global+Local=Glocal).

Kiblat politik dan ekonomi dunia akan tetap dalam gengaman Islam, Kazastan sebagai pusat nuklir terbesar yang dibangun oleh Rusia, tetapi mereka menutup akses ke Rusia kesana sehingga secara tidak langsung politik dan ekonomi dibangun di Negara Islam. Kekuasaan politik lebih dominan dikuasai oleh China, tanpa disadari mahasiswa terbesar di seluruh dunia adalah mahasiswa China. Tiga pendekatan dalam politik minoritas dalam tiga kedaaan yang lebih gagah (la ikraha fi al-din), sama-sama gagah/sama2 lemah (lakum dinukum waliyadin), lebih lemah (dan pendekatan baldatun thaibatun warabbun ghafur. Pembangunan ekonomi minoritas (fiqh al-Istithaah) melalui Rukun Islam Syahadat (education economy), Shalat (textile economy), Puasa (food Industry), Zakat (social economy), Haji (Hospital). Motto ASEAN: One vision, one identity, one community diterjemahkan sebagai one aqidah, one ibadah, one ummah.

FachrulRazi, M. IP (Senator DPD RI asal Aceh)

Muslim Politics and Economics: Challenges and Opportunities in Era 4.0

Kekuatan politik dunia sekarang dikuasai oleh empat kekuatan besar sosialisme di kuasai oleh Rusia, Kapitalisme dikuasai oleh Amerika, Neo-komunisme dikuasaoleh China, pergerakan Islam Turki melalui Muhammad al-Fatih. Imigrasi muslim keseluruh dunia terjadi ledakan populasi di negara-negara barat menjadi satu kekuatan yang ditakuti oleh Barat. Secara tidak sadar dan tidak terekspos oleh media, Islam telah mendominasi ekonomi oleh tokoh-tokoh yang tidak diketahui di dunia.

Ikhsan Fajri, MA (Dosen Syariah, FAI)

Market Ekonomi Syariah sebagai Instrumen Mikro di Aceh

Muslim di Indonesia merupakan jumlah terbesar tetapi tidak menguasai pasar di Indonesia, begitu juga prediksi pada beberapa puluh tahun ke depan juga masih mendominasi di dunia. Kenyataan ini menjadi peluang besar dalam menerapkan ekonomi Syariah di Indonesia bahkan di dunia. Kondisi keuangan Syariah di Indonesia tidak peduli dengan instrument yang dipakai oleh Lembaga-lembaga keuangan Syariah. Dengan demikian perlu masukan yang harus ditempuh oleh para wakil daerah kepada presiden. Pengembangan ekonomi Syariah yang mempunyai potensi besar bagi perkembangan market Aceh yang belum atau kurang tersentuhi alah halal tourism, wakaf produktif, zakat produktif.

Berikut adalah foto-foto kegiatan seminar tersebut.

 

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *