Fakultas Agama Islam Laksanakan Yudisium Perdana

Share to your social networks

Pada hari selasa tanggal 20 Februari 2018 mulai jam 09.00 sampai dengan jam 12.00 wib di Aula DR. Mister Teuku Muhammad Hasan Universitas Serambi Mekkah telah berlangsung Yudisium perdana Fakultas baru di lingkungan Universitas Serambi Mekkah yaitu fakultas Agama Islam. Fakultas baru ini merupakan gabungan dari tiga fakultas di lingkungan universitas serambi mekkah yaitu fakultas Dakwah, Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah, sesuai dengan surat keputusan Rektor Universitas Serambi Mekkah, DR. Said Usman, M.Kes, dengan nomor 003/R-USM/I/ 2018 yaitu tepatnya tanggal 4 Januari 2018. Rektor Universitas Serambi Mekkah menunjuk DR. Andri Nirwana, M.Ag sebagai dekan yang memimpin Fakultas Agama Islam sesuai dengan surat keputusan Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah dengan nomor 021/YPSM-BNA/KPTS/I/2018 pada tanggal 29 Januari 2018 resmi menjadi Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah yang pertama dan dibantu oleh wakil Dekan Bapak Zulfadhli, M.A
Jumlah mahasiswa Yudisia hari ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari 12 mahasiswa prodi pendidikan agama islam dan 3 mahasiswa prodi perbankan Syariah, sedangkan prodi pendidikan anak usia dini dan komunikasi penyiaran Islam tidak ada yudisia pada kesempatan ini, tapi akan ada pada yudisium berikutnya. Dan Hanya satu mahasiswi yang memperoleh Predikat Cumlaude yaitu Radhiah, NPM 1512010024, prodi pendidikan agama islam, dengan IPK 3,61.
Tema Yudisium hari ini “Alumni Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah sebagai Sarjana yang Unggul, Bertaqwa, berjiwa interpreneur dan leader dalam masyarakat”
Yang memandu acara Yudisium hari ini adalah Ibu Eka Mayasari, MA, turut juga hadir untuk memberi kata kata sambutan yaitu Ir. H.T Makmur, M. Si selaku Wakil Rektor Satu bidang Akademik Universitas Serambi Mekkah.
Dekan Fakultas Agama Islam USM, DR. Andri Nirwana, M.Ag dalam sambutannya mengharapkan kepada para Yudisia untuk selalu menjadi Agen Promosi kampus dan Agen Perubahan dalam Masyarakat dengan mengedepankan nilai nilai ketaqwaan, kemandirian, jiwa entrepreneur serta leader dalam masyarakat. Pak dekan (atau kerap dipanggil hari-hari dengan ustad andri Lampadang) juga menghimbau kepada para yudisia untuk selalu aktif dalam kegiatan kemasyarakatan seperti rapat gampong dan musyawarah gampong, sehingga ide dan gagasan untuk pengembangan gampong bisa disampaikan, dengan demikian harapan dari Fakultas agama islam Universitas Serambi Mekkah ini dapat terwujud. Dekan juga menambahkan untuk selalu menggunakan ilmu metode penelitian yang telah dipelajari untuk selalu meneliti terhadap gejala-gejala sosial, sehingga hasil penelitian menjadi kontribusi masyarakat sebagai tindak lanjut ke depan dalam meningkatkan strata pendidikan. Dalam sambutannya juga beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak (para dosen, tenaga kependidikan dan ketua prodi) yang telah membantu proses belajar mengajar, sehingga berhasil membawa para mahasiswa ke jenjang ini.
Acara Yudisium ini juga menyempatkan untuk menampilkan seorang dosen Fakultas Agama Islam yang baru memperoleh gelar Doktor dari universitas sennar Sudan yaitu Doktor Rahmadon M.Ed, beliau menyampaikan bahwa tantangan yang harus dihadapi para Lulusan dan juga Perguruan Tinggi dewasa ini dalam fungsi mengambil peran dan bekerjasama di dunia nyata.
Ia menyebutkan lulusan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia hari ini hanya mampu mengisi 11% jumlah angkatan kerja nasional, dan diperkirakan angka itu hanya naik 3% nanti pada tahun 2030. Malaysia saja saat ini berada di 22%. ini menjadi tantangan serius bagi lulusan dalam merebut lapangan kerja.
Lima hari yg lalu Presiden Jokowi menyampaikan ‘ancaman’ akan memberikan ruang bagi universitas asing di Indonesia apabila PT tetap tidak mau berinovasi dalam mengembangkan Peran menghasilkan lulusan yang mampu berdikari dan mandiri.”
ini merupakan tantangan serius bagi lulusan PT.
Dr Rahmadon, yang merupakan alumni S3 universitas Sennar Sudan ini mengatakan, perlu kerja keras yang nyata dari PT dan seluruh lulusan dalam hal menjawab tantangan yang sedang mengancam ini. Berinovasi dalam setiap langkah kerja dan capaian yang ditetapkan Universitas merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan.
Para mahasiswa harus dibekali dengan pengetahuan Intepreunership yang tepat dan pemahaman nilai-nilai Luhur dan jiwa leadership yang mumpuni sehingga mampu bersaing secara global.
Yudisium ini juga dihadiri oleh Zulfadhli MA (wakil dekan) Dra Hayati, M.Ag, Ainal Fitri M.I Kom (Ka prodi KPI), Muksal M.Ei (ka prodi Perbankan Syariah), Nurhayati, MA (ka prodi PAI), Muhammad Syarif M.A (Ka prodi PIAUD). Acara Yudisium ditutup dengan pemberian hadiah bagi mahasiswa cumlaude oleh ibu Dra. Hayati MA dan dengan pembacaan doa oleh Teuku Basyirah.

Berikut foto-foto kegiatan yudisium FAI

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code
     
 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.