FAI USM Membentangkan Seminar Sufi International

Share to your social networks

Seminar International Tentang “Mysticism Values in Education” atau Nilai nilai Sufi dalam Pendidikan. Kegiatan ini digelar pada hari Jum’at yang berkah pada akhir bulan Maret tepat nya tanggal 22 Maret 2019.
Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr.H. Said Usman, S.Pd, M.Kes menyambut baik kegiatan ini dengan harapan semoga nilai nilai sufi dapat terpraktekkan dalam jiwa insan pendidik yang ada di serambi Mekkah.
Dalam sambutan nya, Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. Andri Nirwana.AN, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan stimulus untuk menaikan nilai akreditasi. Salah satu penilaian akreditasi adalah adanya dua kali kunjungan Ahli Pakar mengisi materi di Fakultas selama satu semester Dan Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dalam semester Genap 2018/2019 ini. Insyaallah dalam waktu dekat, Fakultas Agama Islam akan mengundang lagi Pakar yang lain.
Kegiatan ini diisi oleh pemateri international dari Negara Al Jazair yaitu Prof Abdelaziz Abbacy, Ph.D, beliau sekarang bertugas di Kampus STFI Sadra Lebak Bulus Jakarta, Beliau mempunyai kelebihan mampu berbicara lima bahasa yaitu Arab, Inggris, Perancis, Persia dan Bahasa Indonesia. Beliau memberi materi dengan judul “The role of Sufism in education according to Imam Ghazali”. Beliau mengawali materi dengan menjelaskan biografi Imam Ghazali. Beliau banyak menyampaikan tentang kelebihan, pembagian ilmu yang di padu dengan karakter nilai sufi.
Pemateri Kedua yaitu Dr. Hayati, M.Ag, beliau merupakan alumni pertama Fakultas FAI USM yang sudah menyelesaikan studi doctor nya di awal tahun 2019. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Transformation of Sufism Values in Education” atau Transformasi nilai nilai sufi dalam pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa Ilmu tasawuf itu penting untuk cara mendekatkan diri kepada Allah, “man ‘arafa nafsahu, ‘arafa rabbahu”, kita tidak pernah mengatur degupan jantung kita, tapi itu semua bergerak dengan kehendak Allah swt. Beliau menambahkan, tasawuf sangat diperlukan dalam mendidik generasi zaman milenial sekarang ini. Beliau berharap Konsep Nilai Sufi ini tidak hanya dipahami dalam ranah kognitif saja, dan seharusnya harus diwujudkan dalam sikap dan pergaulan sehari hari.
Acara ini dibawa oleh Dr. Rahmadon, M.Ed yang merupakan doctor terbaik yang dimiliki oleh kampus Universitas serambi Mekkah, selain pandai memimpin seminar dengan pengantar bahasa Arab, beliau juga banyak mengisi kegiatn kegiatan keilmuan baik Nasional maupun international.
Wakil Dekan FAI, Zulfadli, S.Sos,I, M.A merupakan inisiator pertama sukses nya seminar ini dengan membangun komunikasi dengan pemateri dan sehingga acara ini menjadi sukses dan berhasil dengan diketuai oleh Zainal Abidin, M.Ag. Beliau berharap di masa yang akan datang, FAI terus optimis untuk memajukan kegiatan kegiatan seminar dalam tema tema yang milenial.

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code
     
 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.