Aneka Lomba di Pekan Ramadhan Prodi Pend Ekonomi FKIP USM

Share to your social networks

Dalam rangka mengisi Ramadhan 1438 H, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) bersama Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan Pekan Ramadhan yang difokuskan di Mushalla Universitas Serambi Mekkah, mulai 5 s/d 10 Juni 2017. Menurut Ketua HMJ, Iswandi didampingi Wakilnya Dedek Abdul Zaini dan Panitia Pelaksana, Muklis, bahwa kegiatan Pekan Ramadhan diisi dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan baca dan kajian Al-Quran secara bersama-sama, baca Al Quran tilawah dan murattal, belajar menjadi pembawa acara dan belajar membaca doa pada acara acara resmi. Iswandi menambahkan ini ‘merupakan gebrakan kegiatan HMJ 2017/2018 sejak kami terpilih sebulan yang lalu’ papar putra Samahani ini dengan penuh semangat.

Dekan I Bidang Akademik, Drs. M. Ridhwan, M.Pd dalam arahannya pada pembukaan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena dapat membangun karakter islami pada mahasiswa sebagai mana diharapkan oleh Universitas Serambi Mekkah yang namanya dinisbatkan kepada Kota dari mana kebaikan itu bersumber yaitu Mekkah. Di samping itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar dan mengkaji Al Quran secara bersama-sama para tutor dan dosen yang telah disiapkan oleh Prodi dan Panitia Pelaksana.

Sementara itu, Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Yudi Ikhwani, S.Pd, M.Pd dalam amanat sekaligus membuka acara secara resmi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi. ‘Kami sangat kagum dengan kerjasama HMJ dan Prodi Pendidikan Ekonomi ini dalam memanfaatkan momentum Ramadhan ini. Semoga ini menjadi model yang diikuti oleh Prodi lainnya, imbuh Pak Dekan III yang juga seorang Orator dan Qari tersebut, diikuti tepuk tangan peserta berhadir.

Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Muslem Daud, M.Ed, PhD, ditemui media mengatakan bahwa kegiatan ini memang sudah direncanakan anak-anak untuk menyambut dan mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan. Karenanya kita menyambut baik dan mendukung penuh karena ini juga merupakan program Prodi yang ingin memperbaiki kualitas dan karakter mahasiswa yang baik. Koordinator Pekan Ramadhan, Abdul Hamid, S.Ag, M.Ag menyampaikan bahwa antara tanggal 5-7 Juni berisi kegiatan umum keagamaan yang difokuskan untuk membaca dan mengkaji Al Quran. Selanjutnya, anak-anak dibagi menurut bakat dan minat masing-masing (Mengaji Tilawah, Murattal, Baca Doa dan Pembawa Acara red). Lalu antara tanggal 8-9 Juni, diadakan lomba untuk memperebutkan piala-piala Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP USM. Secara terpisah, Sekretaris Prodi Ratna Mutia, S.Pd, MSi mengabarkan bahwa para tutor kegiatan dipilih berasal dari Dosen Prodi yang dikoordinir oleh Dosen Agama yaitu Bapak Abdul Hamid, S.Ag, M.Ag. Sementara dari mahasiswa/i telah dipilih antara lain Mulyadi untuk Tutor Tilawah putra, Elfi Rayani Tutor Tilawah putri dan Rismaliza sebagai Tutor Pembawa Acara.

Pantauan media hingga hari ke 3 Pekan Ramadhan (7 Juni 2017), terlihat para mahasiswa serius membaca Al Quran secara berkelompok baik putra maupun putri yang dipandu oleh tutor dan dipantau oleh Koordinator Kegiatan dan Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi. Terlihat juga para mahasiswa/i mulai mendaftarkan bakat minat masing masing untuk mengikuti aneka lomba yang akan mulai dilaksanakan mulai besok 8 Juni 2017. Salah seorang mahasiswa yang dimintai tanggapannya tentang Pekan Ramadhan ini mengatakan bahwa sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Ke depan kalau bisa jangan satu minggu dan kalau boleh paling kurang dua minggu, katanya. Butoi Bang hai. Lon baca Quran mantong kureung pas, jadi lon jeut pupas sinoe (Benar Bang. Bacaan Al Quran saya belum betul sehingga saya bisa belajar di kegiatan ini red) pangkas mahasiswa tersebut dalam bahasa Aceh dan meminta namanya tidak disebutkan.

Kegiatan ini sendiri mendapat apresiasi khusus dari Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jalaluddin, S.Pd, M.Pd yang langsung memantau kegiatan sejak hari pertama berlangsung. Ramadhan Mabruk! Amin.

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut.

Share to your social networks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code