Update!!! Info Perpanjangan Pengisian KRS

Berdasarkan hasil rapat para rektor dan dekan pada hari ini 21 Maret 2017 tentang adanya mahasiswa yang belum mengisi KRS, maka diambil keputusan sbb :
1. Waktu pengisian KRS online diperpanjang mulai tanggal 21 sampai 24 Maret 2017
2. Pengambilan pin KRS online terakhir tanggal 23 Maret 2017
3. Pengurusan cuti akademik paling lambat 25 Maret 2017
4. Bagi mahasiswa yang tidak mengisi KRS pada tanggal tersebut diatas, maka dianggap tidak aktif di semester genap ini.

Pembantu Rektor I
Bidang Akademik

Ir. H. T. Makmur, M.Si

Link Alternatif KRS Online

Jika KRS online belum dapat diakses dari luar kampus, berarti masih adanya gangguan jaringan internet dari pihak provider, jalur alternatifnya dapat menggunakan Hotspot USM di kampus, dan di isi dikampus dengan membuka alamat LINK ALTERNATIF

Mohon maklum atas gangguan yang tidak di inginkan terjadi

Gangguan Jaringan KRS

Mohon maaf berhubung adanya gangguan jaringan internet pada lokasi pengerjaan fly over simpang surabaya yang mengakibatkan terjadinya gangguan jaringan internet pada lokasi tersebut dan yang satu jalur dari lokasi tersebut, tapi kami mohon untuk bersabar dan terus mencoba membuka situs KRS online siapa tahu nanti jaringannya sudah bagus, mohon maklum

Fakultas Teknik USM Selenggarakan Yudisium Mahasiswa

Bertempat di Ruang Seminar Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh, sebanyak 87 mahasiswa Fakultas Teknik (FT) yang berasal dari Prodi Teknik Informatika, Teknik Industri dan Teknik Lingkungan diyudisium oleh pimpinan fakultas. Acara yang berlangsung Sabtu (18/3/2017) berlangsung dengan khidmat dibuka langsung oleh Dekan FT, Ir. Elvitriana, M.Eng.

Dalam laporannya, Dekan FT menyampaikan bahwa sebanyak lima mahasiswa lulus dengan predikat Cum Laude, sedangkan lainnya lulus dengan prediket sangat memuaskan dan memuaskan. Selain itu Dekan FT juga meminta mahasiswa untuk tidak berhenti menuntut ilmu selepas dari jenjang S1 semata namun dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.

“Perjuangan saudara belum selesai hanya sampai di Yudisium ini saja, tapi justru baru akan dimulai. Dunia kerja dan masyarakat telah menanti dan disanalah saudara akan berjuang,”kata Elvitriana.

Yudisium ini juga dihadiri oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan III dan semua Ketua Prodi yang berada dalam lingkungan FT-USM.

Fakultas Teknik USM Selenggarakan Workshop Penggunaan Aplikasi Mendeley

Sekitar 20 peserta yang terdiri dari staf pengajar di Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (FT-USM) Banda Aceh mengikuti Workshop Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi dan Bibliographi, yang berlangsung di Ruang Seminar FT USM, Kamis (16/3/2017). Workshop ini dilaksanakan mengingat tata cara pengutipan (sitasi) dan pembuatan daftar pustaka (bibliographi) pada sebuah artikel ilmiah sangatlah penting. Pemateri workshop disampaikan oleh Muhammad Nizar, ST,MT, yang juga merupakan Ketua Prodi Teknik Lingkungan FT-USM.

Setiap dosen dituntut untuk dapat menuliskan karya ilmiah yang berkualitas dimana dalam menulis karya ilmiah wajib mengutip sumber yang layak dipercaya. Mengutip sumber atau referensi butuh teknik tersendiri agar kutipan ini dapat diakui dan penulis referensi pun mendapat kredit atas tulisan yang dikutipnya. Kemenristek Dikti dalam panduan akreditasi jurnal sangat menekankan pengutipan yang baik, memakai alat bantu aplikasi tertentu agar setiap kutipan berkualitas dan tertera dalam daftar pustaka serta dapat dialcak keberadaannya.

Mendeley merupakan salah satu aplikasi untuk memudahkan penulisan karya ilmiah dalam hal tertib pengutipan dan pembuatan daftar pustaka. Aplikasi ini gratis dan dapat diperoleh dengan mudah di internet. Aplikasi Mendeley membuat pemakai dapat membuat daftar referensi sendiri, kemudian mengutipnya dalam manuskrip dan memunculkan referensi dalam daftar pustaka pada akhir manuskrip. Namun sayangnya penggunan Mendeley masih jarang sehingga perlu sosialisasi yang lebih luas lagi kepada kalangan akademik.

Selain membahas tentang Mendeley, workshop juga berisi tentang tentang bagaimana membuat Data Object Identifier (DOI) untuk sebuah artikel yang telah di terbitkan dalam jurnal, membuat profil pada google scholar, mengatur jadwal dengan google calendar dan hal-hal lain yang berkaitan dengan jurnal

Pelantikan Dekan Dakwah dan Syariah

Selamat untuk Bapak Fuadi, S.Hi, MH sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Bapak Dr. Andri Nirwana AN, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang telah dipilih melalui musyawarah panjang oleh civitas akademika Universitas Serambi Mekkah pada hari ini Selasa, 21 Februari 2017.

Mahasiswa Teknik Lingkungan FT USM, SAPU BERSIH PANTAI

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (HMTL FT USM), minggu pagi (15/1) melaksanakan kegiatan Sapu Bersih Pantai bertempat di sekitar Pesisir Pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Aksi bertemakan “Lindungi Ekosistem Pesisir Dari Dampak Lingkungan Melalui Gerakan Kutip Sampah”. Demikian disampaikan Plt. Ketua Himpunan Teknik Lingkungan FT USM, Deni Asmar. Kegiatan yang dihadiri lebih kurang seratusan mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar di pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan menggalang kerjasama antara FT USM dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Adapun tujuan dari kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi ilmu dan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sebagai upaya untuk menghimbau bagaimana masyarakat memilah dan memilih sampah dengan baik mengajak masyarakat yang liburan atau berkunjung ke wilayah pesisir pantai agar tidak membuang sampah sembarangan serta mengubah perilaku yang suka membuang sampah disembarang tempat menjadi taat pada aturan serta mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menjadikan Kota Banda Aceh yang indah, bersih dan lestari, sehingga tetap mampu mempertahankan Penghargaan Adipura yang sudah berkali-kali diraih, ungkap Ir. TM Zulfikar, MP., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, saat membuka kegiatan tersebut. Selain TM Zulfikar, juga dihadiri oleh Keuchik Gampong Jawa, Tokoh Masyarakat setempat serta Pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB s/d 16.00 WIB tersebut, dimulai dari titik TPA/TPLT (Tempat Pembuangan Sampah/Tempat Pengolahan Limbah Terpadu) menuju sampai ke perbatasan pantai Ulee Lhee yang merupakan tempat wisata bagi sebagian besar masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, serta kerap dikunjungi pengunjung dari luar Kota Banda Aceh.

Selain itu kegiatan ini juga berlanjut sampai ke pantai Lampuuk, Lhoknga, dimana lokasi pantai ini juga merupakan pantai dengan peminat wisatawan lokal maupun luar Kota Banda Aceh, dan memiliki tingkat kunjungan yag sangat tinggi.

Selain aksi sapu bersih pantai, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah juga melibatkan beberapa Himpunan Mahasiswa lainnya seperti Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMASTIF) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMTEKI) yang merupakan bagian dari organisasi mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah. Mereka juga melakukan orasi yang berisi himbauan kepada publik untuk tidak membuang sampah sembarangan serta merubah perilaku konsumsi dan peduli akan kebersihan lingkungan. Harapan kita tentunya dengan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat Kota Banda Aceh, maka bukan tidak mungkin nantinya Banda Aceh akan bersih dari berbagai sampah atau zero sampah, pungkas Deni Asmar. (***)

Demikian Siaran Pers ini disampaikan, terimakasih atas bantuan kawan-kawan media untuk dapat memuat informasi ini.

Banda Aceh, 15 Januari 2015

Salam Hormat Kami

Kontak Person:

  1. Deni Asmar (Plt. Ketua HMTL FT USM, HP: 081362726454)
  2. Ir. TM Zulfikar, MP (Wakil Dekan III FT USM, HP: 08126901283)

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut.