Program Studi Orientasi dan Pengenalan Kampus

Universitas Serambi Mekkah (USM) melaksanakan Program Studi Orientasi dan Pengenalan Kampus kepada mahasiswa baru tahun 2016 di Aula Dr. Mr. H. Teuku Moehammad Hasan, kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan seluruh civitas akademika USM serta didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa USM. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam penyambutan mahasiswa baru. Berikut adalah beberapa foto kegiatan acara tersebut.

Mahasiswa Thailand Kuliah di USM

Tahun akademik 2016/2017, tujuh mahasiswa asal Thailand akan belajar di Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh. Tujuh mahasiswa luar negeri itu akan bergabung dengan mahasiswa baru lainnya pada kuliah hari pertama tanggal 19 September 2016 mendatang.

Rektor Universitas Serambi Mekkah, Dr. H. Abdul Gani Asyik, MA, didampingi Wakil Rektor III, Jalaluddin SPd, MPd, Selasa (13/9) mengatakan, tujuh mahasiswa asal Thailand itu memilih program studi (prodi) Bahasa Indonesia dan Sastra pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prodi Akuntasi pada Fakultas Ekonomi USM. Selain mahasiswa Thailand, sebelumnya, USM juga sudah menerima mahasiswa dari negara Turki dan Malaysia.

Abdul Gani Asyik mengatakan, selain mahasiswa luar negeri kuliah di USM, mahasiswa perguruan tinggi itu juga akan melakukan pengabdian di Thailand untuk melatih siswa-siswi sekolah menengah belajar Bahasa Indonesia. “Program penerimaan mahasiswa dan pengabdian masyarakat Thailand itu merupakan implementasi kesepakatan bersama antara Pemerintah Thailand dengan USM yang disepakati tiga bulan lalu,” ujar Jalaluddin.

Guna meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) dan pengabdian mahasiswa, lanjutnya, USM sedang melakukan penguatan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri.

Ketua Umum Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah (YPSM) selaku Badan Penyelenggara USM, Ir Teuku Iskandar Shah mendukung program kerjasama itu dan memberikan apresiasi kepada pimpinan USM terhadap keberhasilan mempromosikan USM ke luar negeri. “Kerjasama antar perguruan tinggi sangat diperlukan untuk peningkatan mutu lulusan, sehingga alumni USM lebih mandiri,” ujar Teuku Iskandar Shah.

Sumber : Serambi Indonesia

11 PTS Aceh akan Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Malaysia

Sebelas perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh sedang menjajaki kerja sama internasional di bidang pendidikan dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Malaysia.

Untuk membahas dan menjajaki kerja sama tersebut pihak Kopertis Wilayah XIII bersama sebelas pimpinan PTS Aceh bertolak dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (14/9/2016) pagi. Tim tersebut dipimpin Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris M.Ed.

Adapun kesebelas PTS dari Aceh yang ikut dalam misi penjajakan kerja sama dengan UPSI Malaysia tersebut adalah Universitas Serambi Mekkah (Banda Aceh), Universitas Jabal Ghafur (Pidie), Universitas Al-Muslim Peusangan (Bireuen), Universitas Abulyatama (Aceh Besar), Universitas Gajah Putih (Aceh Tengah), Universitas Iskandar Muda (Banda Aceh), STKIP Al-Washliyah (Banda Aceh), STIP Yasyafa (Aceh Singkil), STKIP Usman Safri (Kutacane), STKIP Muhammadiyah (Aceh Barat Daya), dan Akademi Keperawatan Fakinah (Banda Aceh).

Menurut Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Rabu (13/9/2016) pagi, kunjungan kesebelas PTS di lingkungan Kopertis XIII ke UPSI Malaysia itu bertujuan untuk menjajaki dan menggalang kerja sama di bidang pendidikan yang merupakan suatu bentuk hubungan internasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi PTS di Aceh.

Sumber : Serambi Indonesia