Mahasiswa Teknik Lingkungan FT USM, SAPU BERSIH PANTAI

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (HMTL FT USM), minggu pagi (15/1) melaksanakan kegiatan Sapu Bersih Pantai bertempat di sekitar Pesisir Pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Aksi bertemakan “Lindungi Ekosistem Pesisir Dari Dampak Lingkungan Melalui Gerakan Kutip Sampah”. Demikian disampaikan Plt. Ketua Himpunan Teknik Lingkungan FT USM, Deni Asmar. Kegiatan yang dihadiri lebih kurang seratusan mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar di pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan menggalang kerjasama antara FT USM dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Adapun tujuan dari kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi ilmu dan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sebagai upaya untuk menghimbau bagaimana masyarakat memilah dan memilih sampah dengan baik mengajak masyarakat yang liburan atau berkunjung ke wilayah pesisir pantai agar tidak membuang sampah sembarangan serta mengubah perilaku yang suka membuang sampah disembarang tempat menjadi taat pada aturan serta mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menjadikan Kota Banda Aceh yang indah, bersih dan lestari, sehingga tetap mampu mempertahankan Penghargaan Adipura yang sudah berkali-kali diraih, ungkap Ir. TM Zulfikar, MP., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, saat membuka kegiatan tersebut. Selain TM Zulfikar, juga dihadiri oleh Keuchik Gampong Jawa, Tokoh Masyarakat setempat serta Pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB s/d 16.00 WIB tersebut, dimulai dari titik TPA/TPLT (Tempat Pembuangan Sampah/Tempat Pengolahan Limbah Terpadu) menuju sampai ke perbatasan pantai Ulee Lhee yang merupakan tempat wisata bagi sebagian besar masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, serta kerap dikunjungi pengunjung dari luar Kota Banda Aceh.

Selain itu kegiatan ini juga berlanjut sampai ke pantai Lampuuk, Lhoknga, dimana lokasi pantai ini juga merupakan pantai dengan peminat wisatawan lokal maupun luar Kota Banda Aceh, dan memiliki tingkat kunjungan yag sangat tinggi.

Selain aksi sapu bersih pantai, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Serambi Mekkah juga melibatkan beberapa Himpunan Mahasiswa lainnya seperti Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMASTIF) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMTEKI) yang merupakan bagian dari organisasi mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah. Mereka juga melakukan orasi yang berisi himbauan kepada publik untuk tidak membuang sampah sembarangan serta merubah perilaku konsumsi dan peduli akan kebersihan lingkungan. Harapan kita tentunya dengan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat Kota Banda Aceh, maka bukan tidak mungkin nantinya Banda Aceh akan bersih dari berbagai sampah atau zero sampah, pungkas Deni Asmar. (***)

Demikian Siaran Pers ini disampaikan, terimakasih atas bantuan kawan-kawan media untuk dapat memuat informasi ini.

Banda Aceh, 15 Januari 2015

Salam Hormat Kami

Kontak Person:

  1. Deni Asmar (Plt. Ketua HMTL FT USM, HP: 081362726454)
  2. Ir. TM Zulfikar, MP (Wakil Dekan III FT USM, HP: 08126901283)

Berikut adalah foto-foto kegiatan acara tersebut.

Prodi Pendidikan Ekonomi Adakan Kuliah Umum

Bertempat di Ruang Kuliah Umum (RKU) Mister T. Moehammad Hasan (12/1/2017), Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi kembali mengadakan kuliah umum. Kalau pada semester lalu, topik kuliah umumnya adalah Kewirausahaan, maka pada semester ini bertajuk Kependidikan dengan topik Standar Kompetensi Guru. T. Ariful Kabir (Ketua HMJ) didampingi ketua panitia pelaksana kegiatan, Haris Munandar, mengatakan bahwa pemateri yang diundang kali ini adalah Bapak DR Muhibbuddin, MS yang merupakan seorang pakar pendidikan dan dosen FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Disamping itu beliau merupakan salah seorang yang telah lama membantu berbagai program pendidikan yang didanai donatur dalam dan luar negeri untuk peningkatan kapasitas kependidikan di Aceh. Posisi terakhir masih beliau pegang sekarang ini adalah Governance and Mangement Specialist (GMS) USAID PRIORITAS Aceh.

Pembantu Dekan I Bidang Akademik, Drs. M. Ridhwan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum merupakan salah satu pintu pembuka wawasan yang cukup bagus bagi civitas akademika. Kegiatan ini sangat penting untuk mensolidkan pengetahuan dan pemahaman baik mahasiswa maupun dosen tentang kondisi riil di lapangan. Di samping itu, kegiatan ini akan menambah poin akdeditasi prodi Pendidikan Ekonomi yang saat ini sudah mendapatkan B untuk terus dipertahankan dan jika memungkinkan untuk ditingkatkan menjadi A, imbuh Ridwan sembari mengapresiasi apa yang dilakukan prodi binaannya tersebut.

Sementara itu, dalam pemaparan kuliah umumnya, DR Muhibbuddin memaparkan bahwa standar kompetensi guru dipengaruhi oleh hal-hal penting antara lain mutu lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dimulai dari seleksi calon mahasiswa yang menjadi input (masukan) LPTK yang selanjutnya menjadi mahasiswa LPTK, mutu proses belajar mengajar (proses tranformasi) di LPTK yang akan melahirkan lulusan. Selanjutnya, para lulusan akan bersaing dengan ratusan lulusan LPTK seluruh Indonesia untuk menjadi guru. Hanya lulusan yang punya kompetensi professional dan pedagogik yang punya kesempatan luas untuk mencapai prestasi ini (menjadi guru). Hal lain yang turut berpengaruh adalah kemampuan penggunaan media pembelajaran termasuk ICT (Information, Computer ad Technology). Setelah menjadi guru, maka kompetensi guru terus di asah supaya para guru terus update-informasi. Kalau tidak, maka guru tidak akan mampu menyesuaikan diri dengan dinamisasi ilmu dan perkembangan teknologi. DR Muhib memberikan gambaran dalam memperhatikan nilai terakhir uji kompetensi guru yang masih memprihatinkan. Hal ini boleh jadi guru tidak update informasi dan boleh jadi juga gagap teknologi. Bagaimana mungkin nilai akan bagus kalau pakai komputer belum bisa sementara uji kompetensi guru menggunakan komputer, paparnya. Dengan demikian standar kompetensi guru bukan saja dilakukan di LPTK tetapi juga packa LPTK ketika sudah menjadi guru.

Menurut Ketua Prodi, Muslem Daud, M.Ed, Ph.D, kegiatan kuliah umum telah menjadi agenda tetap Prodi dengan menghadirkan narasumber external yang ahli di bidangnya dan pembahasannya punya kaitan langsung dengan materi-materi perkuliahan di Prodi Pendidikan Ekonomi. Semester yang lalu kami mengadakan kuliah umum kewirausahaan dengan mengundang pejabat pemerintah, dan pada semester ini kita adakan kuliah umum Kependidikan dengan mengundang ahli dan praktisi pendidikan. Dua hal ini penting untuk mengkombinasi pengetahuan civitas kami di Prodi Pendidikan Ekonomi.

Sementara itu, Sekretaris Prodi, Ratna Mutia, S.Pd, M.Si yang didampingi beberapa tim penyuses acara di antaranya Ukhaiyar Ahmad dan Rismalisa (MC), Ade Irmayani dan Maulidya (seksi penerima tamu), Dedek dan lain-lain mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lebih 120 peserta terdiri dari tamu undangan, dosen prodi dan mahasiswa(i) serta peserta dari prodi lain yang mendaftar seperti prodi pendidikan sejarah dan lain-lain. Ratna menambahkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama yang baik antara prodi, seluruh dosen prodi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) prodi yang diberinama Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (IMAPEKON) FKIP-USM.

Salah seorang mahasiswa semester 5, Iswandi mengatakan bahwa ia sangat senang dengan kegiatan ini yang bukan saja mendapat ilmu tetapi juga mendapatkan pengetahuan baru langsung didapatkan dari praktisi dan pakar pendidikan. Sementara itu, mahasiswa lainnya Zulfahmi mahasiswa semester 1 mengatakan bahwa sebelumnya kami mendapatkan banyak informasi berupa teori dalam lokal, namun pada hari ini kami mendapatkan informasi langsung dari seorang praktisi dan pemberdayaan pendidikan, ujar mahasiswa dari Pidie tersebut.

USM dapat Hibah Penelitian Ristekdikti 4 milyar

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Serambi Mekkah untuk tahun 2017 mendapat kucuran dana penelitian dari Kemenristekdikti sebesar 4 milyar.

Dana sebesar itu diperoleh setelah 68 orang peneliti lulus seleksi proposal dari Kemenristekdikti. Rincinannya untuk Hibah Kerjasama Perguruan Tinggi lolos 22 proposal dengan dana hibah masing-masing 100 sampai 150 juta perproposal, Produk terapan 9 proposal dengan dana masing-masing 50 sampai 75 juta, Dosen Pemula 35 proposal dengan dana masing-masing 15 sampai 25 juta, Hibah Doktor 1 proposal dengan dana 50 juta, dan Ibm 1 proposal dengan dana 50 juta, demikian diungkapkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat USM, Drs. Abubakar Ajalil, M.Si, kepada The Global 7 Januari 2017 siang.

Lebih lanjut dikatakan Abubakar Ajalil, dana hibah untuk LPPM USM tahun ini meningkat sekitar 30 persen dari tahun lalu baik dari jumlah proposal maupun dana hibah. Ini adalah buah kerja keras dari peneliti beserta LPPM USM sehingga proposalnya layak untuk didanai kemenristekdikti.

Kami berharap untuk tahun depan bisa meningkat menjadi minimal 100 proposal agar pagu dana untuk LPPM USM sebesar 7,5 milyar dapat terserap semuanya. Dana Hibah sebesar 7,5 milyar bisa diperoleh LPPM USM karena LPPM USM berada pada tingkat Madya, demikian Abubakar Ajalil menutup pembicaraan.

Sumber : http://www.theglobal.co/lppm-usm-dapat-hibah-penelitian-ristekdikti-4-milyar/

Kunjungan Silaturrahmi Kerajaan Brunei Darussalam

Universitas Serambi Mekkah mendapat kunjungan dari keturunan kerajaan Brunei Darussalam, acara silaturrahmi ini dipusatkan di aula Mr. Dr. Teuku Haji Moehammad Hasan, tamu dari Brunei Darussalam disambut oleh Ayahanda T.H.M. Sulaiman Shah yang merupakan ketua dewan penasehat Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah. Berikut adalah beberapa foto silaturrahmi tersebut.

Fakultas Teknik Adakan Seminar Teknologi Informasi

Dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Kita dalam Bidang Teknologi Informasi. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah menyelenggarakan kegiatan seminar Bidang IT yang ditujukan kepada Pelajar SMA Sederajat Se- Banda Aceh, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah dan Perwakilan Tiap Jurusan dan Fakultas di Kampus Universitas Serrambi Mekkah.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah (HIMASTIF-USM) Periode 2016/2017, yang mengusung tema “Peran Teknologi Informasi untuk Kemajuan Generasi Muda serta Pembangunan Bangsa”diadakan pada Rabu, 21 Desember 2016 dengan dilaksanakannya tujuan acara ini agar dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan peserta dalam pemanfaatan teknologi informasi, bertempat di Aula Dr. Mr. T. H Moehammmad Hasan Universitas Serambi Mekkah. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Dedi Satria, S.Si, M.Sc selaku Ketua Prodi Jurusan Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah, kata sambutan Bapak T.M. Zulfikar, ST, MP selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik Univesitas Serambi Mekkah, penampilan nyanyi dari grup vokal Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah dengan judul lagu Buruh Tani dan diisi oleh Bapak Muslim Amiren, S.Si, M.Infotech sebagai pemateri, dengan memberikan pemahaman kepada peserta seminar tentang pentingnya Teknologi untuk kemajuan generasi muda serta pembangunan Bangsa.

Sekitar 200 Peserta yang menghadiri acara seminar ini, yang terdiri dari 100 peserta siswa/i SMA Sederajat Se-Kota Banda Aceh, 70 Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah dan 30 perwakilan setiap Jurusan dan Fakultas di Universitas Serambi Mekkah.

Berikut adalah beberapa foto kegiatan acara tersebut.

 

Photo Kegiatan Kuliah Umum Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si, APU

Kegiatan Audit Internal Universitas

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta 13 (Kopertis 13) Aceh melalui tim pengembang Sistem Penjaminan Mutu Internal melaksanakan audit internal terhadap beberapa universitas yang terdapat di Aceh, berikut adalah foto kegiatan tersebut.