Tim Bola Voli Putri Rebut Juara 2

Tim Bola Voli Putri Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Serambi Mekkah (Prodi Penjaskesrek USM) merebut juara 2 pada kejuaraan bola voli yang diselenggarakan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Aceh Besar. Tim yang diturunkan pada kejuaraan bola voli yang diadakan oleh PBVSI Aceh Besar ini merupakan tim kebanggaan dari USM, semoga kedepan tim-tim lain dari USM dapat mengikuti jejak yang sama seperti tim putri ini.

Berikut adalah foto kegiatan kejuaraan tersebut.

Kopertis XIII Sosialisasikan Quota Beasiswa

Kopertis XIII Aceh melakukan sosialisasi dan distribusi quita beasiswa BBP, PPA serta Bidik Misi untuk tahun 2016 pada tanggal 25 April 2016 di Aula Universitas Serambi Mekkah  (USM). Acara ini dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh Bapak Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed dan turut didampingi oleh civitas akademika dari USM.

Acara ini turut hadir sejumlah tamu undangan dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta se Aceh.

Berikut adalah foto kegiatan acara tersebut.

Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah melakukan Kuliah Pengabdian Mahasiswa (KPM) dan peringati Hari Bumi

Lebih kurang 100 orang mahasiswa dan 40 dosen Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (FT USM) melaksanakan kegiatan pengabdian yang bertajuk Kuliah Pengabdian Masyarakat atau KPM. Kegiatan kali ini juga dalam memperingati Hari Bumi 22 April kemarin sehingga aksi lingkungan lebih mendominasi KPM. Kegiatan dilaksnakan di desa Lambaro Neujid Peukanbada Aceh Besar dari tanggal 23-24 April 2016.
Koordinator KPM, Saisa, ST, MT dalam siaran persnya mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setahun sekali. “Kita harap mahasiswa FT USM dapat mengaplikasikan ilmu keteknikannya di desa,” katanya. Selain itu desa yang menjadi lokasi kegiatan akan menjadi desa binaan FT USM.
KPM tahun ini bertemakan Selamatkan Bumi demi Masa Depan, dan kegiatannya terdiri dari penanaman pohon cemara, pinang, mahoni, ketapang dan pohon nangka. Selain itu juga dilaksanakan gotong royong seperti membersihkan dan mengecat meunasah serta memasang papan nama jalan dan 10 program pokok PKK.
Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ir. T. Muhammad Zulfikar, MP dalam pembukaan acara hari Sabtu (23/4/2016) menyatakan kegiatan ini merupakan sinergi antara dunia kampus dan masyarakat. “Jadi nanti ketika mahasiswa selesai kuliah dapat kembali mengabdi ke masyarakat dengan baik,”ucapnya.
Desa Lambaro Neujid dipimpin oleh Keuchik M.Jamal dan memiliki penduduk 800 jiwa. Desa ini terletak di pinggir pantai dan bersisian dengan perbukitan. Sejumlah tempat tampak masih gersang dan butuh penghijauan.

Foto Keuchik Desa Lambaro Neujid sedang menerima bibit secara simbolis dari Pembantu Dekan III FT USM, Ir. T. Muhammad Zulfikar,MP, Sabtu (23/4/2016)

Rapat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2016

Universitas Serambi Mekkah (USM) mengadakan rapat penerimaan mahasiswa baru, rapat ini di pimpin oleh Rektor USM Bapak Dr. Abdul Gani Asyik dan turut hadir juga wakil rektor, para dekan, para pembantu dekan  serta hadir juga sekretaris Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah.

Berikut adalah kegiatan acara tersebut.

 

Wakil Rektor III Pimpin Apel Kopertis XIII

Wakil Rektor III Universitas Serambi Mekkah dipercaya oleh Kopertis Wilayah XIII Aceh untuk memimpin upacara apel di Kopertis Wilayah XIII dan ini merupakan sebuah penghargaan yang tidak ternilai yang telah dipercaya oleh Pimpinan Kopertis Wilayah XIII Aceh dalam memimpin acara seremonial ini.

Berikut adalah foto-foto kegiatan apel tersebut.

Fakultas Syariah USM Tandatangani MoU dengan MES Aceh, BPR Mustaqim Sukamakmur dan ASBISINDO

Fakultas Syariah Universitas Serambi Mekkah (USM) kembali menjalin kerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wilayah Aceh, BPR Mustaqim Sukamakmur dan ASBISINDO Wilayah Aceh yang dilakukan pada hari Selasa 19 April 2016 bertepatan dengan Acara Seminar Asuransi Syariah oleh MES Aceh di Anjong Mon Mata, pendopo Gubernur. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Wakil Dekan I Fuadi, S.H.I, M.H, dengan ketua MES Aceh H Aminullah Usman, S.E, Ak, M.M, Direktur Utama BPR mustaqim sukamakmur T Hanansyah dan ASBISINDO oleh bapak Haizir Sulaiman yang disaksikan langsung oleh bapak Dr. Iskandar A Gani, SH, M.Hum dari Pemerintah Aceh serta Perwakilan BI dan OJK wilayah Aceh.

Kerjasama yang dilakukan oleh Fakultas Syariah USM dengan Masyarakat Ekonomi Syariah dan ASBISINDO Aceh menurut Wakil Dekan I Fuadi, S.H.I, M.H, dilandasi oleh tiga poin yaitu dibidang pengembangan Penelitian bagi para dosen dilingkungan fakultas Syariah, On The Job Training, dan nantinya akan diadakan kuliah-kuliah umum yang dimana narasumbernya berasal dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan ASBISINDO Aceh, Ketua MES Aceh H Aminullah Usman, S.E, Ak, M.M mengapresiasi kerja sama ini, dimana beliau menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah salah satu pintu bagi pengembangan Ekonomi Syariah di Aceh, dimana Fakultas Syariah USM merupakan lembaga pendidikan yang sangat gencar dalam mendukung pengembangan masyarakat ekonomi yang berbasis syariah Aceh.

Begitupun dengan kerjasama yang dilakukan dengan BPR Mustaqim Sukamakmur menurut Wakil Dekan I Fakultas Syariah Fuadi, juga dilandasi dengan tiga poin dimana nantinya mahasiswa akhir program studi perbankan syariah dapat melakukan On The Job Training di BPR Mustaqim Sukamakmur, dan juga untuk mata kuliah yang berkaitan dengan perbankan akan diasuh langsung oleh praktisi perbankan dari BPR Mustaqim Sukamakmur, serta akan adanya kerjasama dibidang penelitian dimana Fakultas Syariah menerima tulisan-tulisan dari para praktisi BPR Mustaqim Sukamakmur yang berkaitan perbankan untuk dimuat pada jurnal Akad fakultas syariah USM. Selaras dengan itu Direktur BPR Mustaqim Sukamakmur T Hanansyah mendukung penuh akan adanya Kerjasama ini dan sangat senang dengan terjalinnya kerjasama ini.

Ditempat terpisah Dekan Fakultas Syariah USM Dr. Andri Nirwana AN, M.Ag mengatakan bahwa Kerjasama dengan Tiga Lembaga ini memang termasuk di dalam program Fakultas Syariah yang memiliki Program Studi Perbankan Syariah, dimana beliau mengatakan hal ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk bisa bersentuhan langsung dengan lembaga-lembaga perbankan syariah ketika sedang kuliah dan agar nantinya ketika mahasiswa telah lulus dapat menjadi lulusan yang handal dan ahli dibidang perbankan syariah di Aceh.

Berikut adalah foto kegiatan MoU tersebut.

Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, Galang Kerjasama Dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Aceh Besar

Kiprah Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah dalam upaya menggalang berbagai kerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Aceh semakin hari semakin diperluas. Kali ini Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah melakukan penandatanganan Kesepahaman Kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Aceh Besar, bertempat di Kampus Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah. Banda Aceh, Selasa, 19 April 2016.

Kerjasama terkait Program Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini ditandatangani bersama oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah, Ir. Elvitriana, M.Eng dan Direktur PDAM Tirta Mountala Aceh Besar, Ahmad Riyaz, SE.Ak., disaksikan oleh Dosen FT USM dan karyawan PDAM Tirta Mountala. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani dalam rangka mewujudkan kerjasama dalam penyelenggaraan Tri Dahrma Perguruan Tinggi yakni pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, termasuk Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Adapun bentuk atau ruang lingkup kerjasama tersebut antara lain Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (FT-USM) akan mengirimkan mahasiswa Perguruan Tinggi tersebut untuk dapat melaksanakan Kerja Praktek sementara pihak PDAM Tirta Mountala dapat mengirimkan stafnya untuk dapat melanjutkan pendidikan di FT USM. Termasuk juga kedua belah pihak diharapkan dapat melakukan berbagai bentuk penelitian terkait kualitas air secara bersama.  Selain itu sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kedua belah pihak juga sepakat untuk dapat mengirimkan staf dan karyawannya mengikuti berbagai kegiatan pengembangan kapasitas seperti pelaksanaan Seminar, Lokakarya dan berbagai aktivitas keilmuan lainnya.

“Untuk sementara waktu, kesepahaman kerjasama tersebut akan berlaku selama satu tahun, dan akan dilanjutkan atau diperpanjang kembali setelah dilakukan evaluasi secara bersama-sama nantinya”, ujar Ir. Elvitriana, M.Eng.

Para Pihak juga sepakat bahwa tempat pelaksanaan Nota Kesepahaman Kerjasama tersebut dilaksanakan oleh Program Studi di tempat yang disepakati oleh kedua belah pihak yakni untuk PDAM Tirta Mountala Aceh Besar akan dilaksanakan olehDirektur PDAM Tirta Mountala. Sedangkan untuk Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah akan dilaksanakan oleh Program Studi masing-masing, antara lain Prodi Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, Teknik Industri dan Teknik Kimia. (***)

Berikut adalah foto-foto kegiatan MoU antara FT USM dengan PDAM Tirta Mountala Aceh Besar.

Kontak Person:

Ir. Elvitriana, M.Eng, Dekan FT USM (HP: 08126907502)

Ahmad Riyaz, SE.Ak, Direktur PDAM TirtaMountala (HP: 082273400391)

Ir. TM Zulfikar, MP, Dosen FT USM (HP: 08126901283)

Foto-Foto Hasil Kunjungan Tim Asesor BAN PT

Tim Asesor dari BAN PT sudah melaksanakan kewajibannya dalam menilai Universitas Serambi Mekkah (USM), semoga USM dapat memperoleh nilai yang bagus dalam akreditasi ini demi meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik.

Berikut adalah foto-foto kunjungan Tim Asesor BAN PT ke USM :